4 Sumber Penyebab Bau Mulut Tak Sedap

4 Sumber Penyebab Bau Mulut Tak Sedap

Lori Official Writer
12831

Sering dihindari akibat bau mulut saat ngobrol, barang tentu membuat minder bukan? Nah banyak orang beranggapan bahwa makanan dan tidak rajin gosok  gigi adalah hal utama penyebab bau mulut. Oleh sebab itu, mari kita bahas hal lainnya yang juga dapat menyebabkan bau mulut.

Bau mulut atau halitosis banyak juga disebabkan oleh keadaan rongga mulut yang sedang tidak sehat. Beberapa keadaan rongga mulut yang tak sehat tersebut, antara lain gusi yang teriritasi, gigi berlubang, karang gigi dan indikasi kelainan (sariawan, gusi berdarah). Berikut uraian jelasnya:

# Gigi berlubang atau karier

Bau mulut yang disebabkan oleh gigi berlubang terjadi sebab terjadinya penumpukan sisa makanan pada lubang gigi, sehingga akan mengalami pembusukan dan menimbulkan rasa sakit, bau mulut dan gusi bengkak bahkan hingga infeksi. Untuk mengatasi masalah ini, Anda hanya perlu rajin gosok gigi setelah makan. Cara lain adalah degan menambal atau cabutlah gigi Anda demi kesehatan mulut dan gigi.

# Karang gigi

Penyebab utama karang gigi adalah penumpukan sisa makanan yang bersifat asam dengan air liur yang bersifat basa. Karang gigi biasanya diawali dengan proses penimbunan plak atau makanan yang tersisa di gigi yang bila tidak digosok, maka lama kelamaan akan mengeras dan menjadi karang. Akibat adanya penimbunan sisa makanan dan tidak disapu bersih saat gosok gigi, maka plak tersebut kemudian membusuk dan menimbulkan efek bau mulut.

# Peradangan atau infeksi pada gusi

Peradangan pada gusi cukup berbahaya, selain sebagai sumber bau mulut juga dapat menyebabkan penyakit jantung. Radang gusi ini awalnya disebabkan oleh plak bateri yang lengket pada gigi. Sama halnya dengan karang gigi, plak tersebut lambat laun akan mengeras dan berwarna putih hingga berubah menjadi hitam. Gusi yang membengkak dan mengalirkan darah menjadi pemicu utama bau mulut tak sedap. Sehingga sangat dianjurkan untuk merawat gigi dan makan buah-buahan bervitamin A.

# Penggunaan behel atau gigi palsu

Memasang behel atau kawat gigi juga dapat menjadi indikasi bau mulut, sebab umumnya kawat gigi yang digunakan untuk menekan dan melapisi gigi pasti akan mengakibatkan sulitnya gigi untuk dibersihkan secara merata. Cara maksimal membersihkan gigi dari lapisan kawat gigi adalah dengan menggunakan sikat gigi khusus orthodontic yang memiliki lekuk yang khusus dan dapat menyapu sela-sela gigi dimana sisa makanan acap lengket dan tersangkut. Hal ini juga serupa dengan pemakaian gigi palsu, Anda harus lebih detail mebersihkan sela-sela gigi.

Tak ingin hubungan Anda dengan orang lain semakin jauh akibat bau mulut yang tidak sedap? Maka lakukan perawatan yang baik dan teratur untuk menjamin kesehatan dan kebersihan gigi dan mulut Anda.


Baca Juga Artikel Lainnya:

Usia Lanjut dan Nafas Tak Sedap, Apakah Berkaitan?

Sumber : Berbagai Sumber | Jawaban.com

Ikuti Kami