Riddick, Perjuangan Buronan Buangan di Planet Tandus
Sumber: Analisadaily.com

Spirituality / 6 September 2013

Kalangan Sendiri

Riddick, Perjuangan Buronan Buangan di Planet Tandus

Lori Official Writer
6036

Setelah vakum sekian lama sejak sekuel kedua The Chronicles of Riddick (2004) dan Pitch Black (2000), kini Riddick kembali menyuguhkan alur cerita yang tidak jauh berbeda dengan Pitch Black. Vin Diesel mencoba lagi menjadi sosok Riddick dengan lakon adu fisik yang sudah melekat dengan dirinya.

Sekuel ketiga ini kembali ditulis dan dibesut oleh sutradara David Twohy dengan menggandeng produksi Universal Pictures. Mengambil latar dalam sebuah planet tandus dan terpencil, David Twohy seolah ingin menggambarkan sebuah dunia yang tampak mencekam dimana sosok Riddick, seorang buronan yang awalnya dihianati oleh kaumnya, kemudian diasingkan seorang diri di planet asing tersebut.

Riddick diasingkan dengan tujuan agar mati ditengah berbagai ancaman berbahaya dari berbagai monster mengerikan dalam kondisi seorang diri tanpa makanan, air, senjata serta fisik yang lemah. Berfikir tidak akan dapat bertahan hidup, akhirnya ia pun memakai sebuah suar darurat untuk mengundang perhatian dari para pasukan bayaran agar datang ke planet tersebut.

Dari sinilah awal dimana Riddick mulai mengatur sebuah rencana untuk menemukan jalan kembali ke tempat asalnya dengan menggunakan kembali kekuatan miliknya yang ternyata masih belum hilang. Taktiknya berhasil, tentara bayaran berdatangan untuk menangkap dan membunuh Riddick hingga bertekat dapat memenggal kelapanya.

Riddick merupakan film akting yang awalnya dikemas dengan sangat menarik, lewat visual gambar yang baik. Sayangnya, decak kagum penonton ternyata tidak bertahan lama, sebab dialog yang sangat minim, karakter yang kurang  dan juga plot yang sempit dan kurang inovatif. Hal ini tampak lewat alur yang hanya berputar di satu ruang saja serta kurangnya karakter pendukung yang lebih mengejutkan dari tokoh lainnya yang seharusnya dapat tercipta seperti lewat Jordi Molla, Matt Nable maupun Katee Sackoff.

Di sisi lain, film berdurasi 118 menit ini bahkan menyuguhkan sejumlah adegan yang cukup bertentangan dengan nilai budaya seperti penggunaan bahasa yang kurang sopan, aksi kekerasan, adegan seksual yang vulgar dan egosentris yang tinggi. Sehingga sangat dianjurkan untuk tidak  dinikmati oleh anak-anak dan remaja.

Namun terlepas dari kekurangannya, sekuel yang dibintangi oleh aktor 44 tahun ini tetap memiliki nilai positif yang dapat dipetik sebagai pembelajaran yaitu tampilnya seorang  pejuang yang siap membela kepentingan orang banyak.

 

Riddick

Sutradara : David Twohy

Produser : Vin Diesel, Ted Fields, Samantha Vincent

Penulis Naskah: David Twohy

Pemain : Vin Diesel, Karl Urban, Katee Sackhoff, Dave Bautista, Jordi Molla, Keri Hilson, Nolan Gerrard Funk, Bokeem Woodbine, Raoul Trujillo, Antoinette Kalaj, Neil Napier

Genre : Aksi, Petualangan

Durasi : 119 menit

Tanggal Rilis Perdana : 06 September 2013

Studio : Universal Pictures

 

 

Baca Juga Artikel Lainnya:

The Butler, Kisah Pelayan Gedung Putih Yang Bertabur Bintang

Sumber : Movieguide.org | Youtube.com | Lori
Halaman :
1

Ikuti Kami