Tersangka Korupsi Disiksa Tim Investigasi Sampai Tewas
Sumber: mail.com

Nasional / 5 September 2013

Kalangan Sendiri

Tersangka Korupsi Disiksa Tim Investigasi Sampai Tewas

Budhi Marpaung Official Writer
3185

Seorang pejabat di Cina yang meninggal dunia pada 9 April 2013 lalu diduga bukan mati karena bunuh diri melainkan disiksa sampai tewas  oleh tim investigasi dari Partai Komunis. Surat kabar setempat, Beijing Times, mencium indikasi ini setelah pihaknya mendapatkan pernyataan dari sang istri almarhum dan laporan medis dari rumah sakit.

“Yu Qiyi merupakan pria yang kuat sebelum ia ditahan ... tetapi tubuhnya kurus ketika meninggal," ujar sang istri, Wu Qian sebagaimana dilansir BBC Indonesia, Kamis (5/9).

Menurut Wu Qian, suaminya mengalami luka luar dan dalam serius setelah ditahan selama 38 hari. Ia sempat dilarikan ke rumah sakit keesokan harinya tapi nyawanya tidak tertolong lagi.

Berdasarkan laporan medis, paru-paru Yu Qiyi yang rusak merupakan penyebab tewas tersangka korupsi badan usaha milik negara ini.

Dari foto-foto yang dikeluarkan Beijing Times diketahui bahwa adanya luka lebam karena disiksalah yang menyebabkan paru-paru Yu bermasalah.

Berdasarkan informasi yang dikeluarkan surat kabar tersebut, Yu merupakan anggota Partai Komunis di Grup Industri Investasi Wenzhou. Ia dikenai aturan kedisiplinan internal partai lantaran korupsi. Dalam interogasi oleh tim investigasi, ia dipaksa mengakui perbuatannya dengan cara disiksa.

Wartawan BBC di Shanghai, John Sudworth, menyebut interogasi terhadai Wu Qiyi adalah bagian dari prosedur displin internal partai yang dikenal dengan sebutan Shanggui.

Enam penyelidik yang menangani Yu kini sudah dikenai dakwaan secara sengaja melukai seseorang dan sedang menunggu untuk disidang.


Baca juga : 

14 Gajah Tewaskan Wanita Cina dan Serang Petugas

Melayani Tuhan Dari Berbagai Penjuru Dunia

Glorious Ruins, Album Hillsong yang Tetap Berkualitas

Saat Aku Menundukkan Kepala

Robert Gilmour LeTourneau, Pengusaha yang Cinta Tuhan

4 Cara Alami Mengatasi Rambut Rontok

Thread Forum JC : Pria Lebih Suka Wanita Yang Bagaimana Sih?  

John Peter, Pengusaha yang Sukses Dari Berjualan Barang Rongsokan

Sumber : bbc Indonesia / budhianto marpaung
Halaman :
1

Ikuti Kami