Unjuk Rasa Gabungan Serikat Pekerja Serukan Empat Tuntutan Ini
Sumber: Plasa.msn.com

Nasional / 5 September 2013

Kalangan Sendiri

Unjuk Rasa Gabungan Serikat Pekerja Serukan Empat Tuntutan Ini

Lori Official Writer
3153

Sekitar 3000 buruh melakukan unjuk rasa di Bundaran Hotel Indonesia, Jalan MH. Thamrin, Jakarta Pusat pada Kamis (5/9) siang. Unjuk rasa ini juga terjadi di berbagai tempat seperti Istana Merdeka dan Monumen Nasional (Monas).

Sejumlah buruh yang berunjuk rasa kali ini berasal dari berbagai organisasi buruh di Indonesia. Pantauan sejumlah media menyebutkan bahwa para buruh yang tergabung dalam Konfederasi Serikat Pekerja Indonesia (KSPI) tersebut menuntut persoalan Upah Minimum Provinsi (UMP) kepada pemerintah.

Adapun tuntutan tersebut terdiri dari empat poin utama yang meliputi pertama, buruh meminta menaikkan 50% UMP 2014 secara nasional. Para buruh meminta agar upah dinaikkan menjadi Rp3.7 juta per bulan.

Kedua, pemerintah dituntut untuk menjalankan jaminan kesehatan per 1 Januari 2014 tanpa pentahapan. Ketiga, buruh meminta perusahaan-perusahaan Badan Usaha Milik Negara (BUMN) mengangkat para pekerja menjadi pegawai tetap. Sementara yang ke empat, buruh menuntut pencabutan Instruksi Presiden (Inpres) yang menetapkan kenaikan UMR/UMP tahun 2013 sebesar 5-10%.

Aksi demonstrasi ini merupakan kelanjutan dari aksi yang terjadi pada Selasa (3/9) lalu dimana massa membanjiri depan kantor Gubernur DKI Jakarta di Jalan Medan Merdeka Selatan, Jakarta Pusat. Diperkirakan total pengunjuk rasa se-Jabodetabek sebanyak  50.000 buruh yang menyebar di sejumlah lokasi.

Tuntutan kenaikan upah ini merupakan kesekian kali terjadi di ibukota. Meskipun masih terbilang dilematis, sebab baik buruh maupun pemerintah dan pengusaha sama-sama menghadapi krisis ekonomi yang memang akan berdampak pada segala sektor. Namun pemerintah tetap berkewajiban mendengar aspirasi rakyat dan memberi solusi.

 

 

Baca Juga Artikel Lainnya:

Jepang Rencanakan Puasa Internet Untuk Anak

Demi Hemat BBM, Pejabat India Perintahkan Jalan Kaki ke Kantor

Pencungkil Mata Bocah Di China Diduga Bibinya Sendiri

Ariel Castro, Pemerkosa 3 Wanita Tewas di Penjara

Jokowi Sudah Cukup Pusing Dengan Persoalan Jakarta

Puji Tuhan Akhirnya Tuhan Yesus Datang Juga Ke Rumah Kami

Sumber : Tempo | Metrotvnews | Jawaban.com | Lori
Halaman :
1

Ikuti Kami