Umat Kristen Tak Punya Hak Untuk Pemakaman

Internasional / 4 September 2013

Kalangan Sendiri

Umat Kristen Tak Punya Hak Untuk Pemakaman

daniel.tanamal Official Writer
8215

Diskriminasi terhadap warga minoritas diseluruh dunia memang beragam warnanya. Bukan hanya penindasan fisik saja yang terjadi, namun juga penindasan atas nama hak dan kewajiban bernegara yang membatasi ruang gerak kaum minoritas dalam hidup bersama-sama.

Seperti di Kathmandu Nepal dimana warga Kristen tidak mempunyai hak untuk melakukan pemakaman dilahan yang normal. Karena lahan normal berada dibawah kontrol warga mayoritas yang radikal. Mereka menganggap agama lain tidak diperkenankan melakukan pemakaman ditanah yang menurut mereka suci.

Untuk itu warga Kristen disana kini terpaksa melakukan pemakaman di hutan atau tempat yang jauh dari populasi mayoritas. “ini diputuskan untuk melindungi kesucian tanah Hindu. Kini pemakaman sedang berkembang dengan aturan. Ini adalah tanggungjawab pemerintah untuk memestikan bahwa orang Kristen diberikan tanah tertentu dan terpisah,” ungkap Sushil Nahata, anggota dari Pashupati Area Development Trust (PADT).

Warga Kristen disana telah melakukan aksi agar mereka mendapatkan persamaan hak, terutama dalam hal pemakaman. Namun meski Menteri Kebudayaan Ram Kumar telah turun tangan untuk menyelesaikan masalah ini, pemerintah pusat belum memberikan responnya secara nyata.

 

 

 


Sumber : asianews
Halaman :
1

Ikuti Kami