Soeharto Picu Kontroversi Gantikan Nama Jalan Medan Merdeka
Sumber: Liputan6.com

Nasional / 3 September 2013

Kalangan Sendiri

Soeharto Picu Kontroversi Gantikan Nama Jalan Medan Merdeka

Lori Official Writer
4263

Munculnya nama Soeharto sebagai salah satu daftar nama tokoh yang akan direncanakan sebagai salah satu nama ruas jalan Medan Merdeka mengundang kontroversi dari berbagai pihak. Dari empat nama yang diusulkan oleh Tim 17 bersama dengan Gubernur DKI Jakarta Joko Widodo, hanya 2 diantaranya direspon baik sejumlah pihak.

Sementara ruas jalan yang telah disetujui pergantiannya yaitu ruas jalan medan merdeka Utara dan Selatan diganti menjadi jalan Soekarno dan Hatta. Sedang  jalan Merdeka Barat dan Timur yang rencananya diganti dengan Soeharto dan Ali Sadikin, masih dalam pembahasan bersama Tim 17 dengan sejumlah pihak.

Seperti yang dilansir Liputan6.com, Senin (2/9), Tim Panitia 17 beralasan kuat memakai Soeharto sebagai salah satu nama. "Dia kan jadi presiden terlama dalam sejarah Indonesia. Karena sesudah reformasi paling lama Presiden 10 tahun. Selama ini dia terlama. Semua orang ada plus minusnya," ujar Tim Panitia 17, Jimly Asshiddiqie.

Kendati dianggap bukan solusi untuk melakukan rekonsiliasi dengan presiden ke-2 Indonesia ini, Tim 17 tetap berupaya agar persoalan ini rampung sebelum 10 November yang bertepatan dengan peringatan hari Pahlawan.

Bagi Jokowi dan Tim 17, penggunaan nama tokoh ini merupakan sebuah bentuk penghargaan terhadap para pahlawan nasional sekaligus bertujuan untuk rekonsiliasi, kendati pun harus tetap melalui persetujuan Presiden Susilo Bambang Yudhoyono lewat keputusan Presiden (Kepres).

Seperti ungkapan Soekarno bahwa bangsa yang besar adalah bangsa yang menghargai jasa-jasa pahlawannya. Meskipun Soeharto telah menorehkan sejarah yang pahit atas bangsa ini, namun tak dipungkiri bahwa negara ini pernah dipimpin oleh tokoh seperti Soeharto, yang justru memberi banyak pembelajaran bagi bangsa.


Baca Juga Artikel Lainnya:

Berbagai Negara Tentang Serangan Militer AS Terhadap Suriah

George W Bush Keliru Akan Kematian Nelson Mandela

Korupsi di Papua Rugikan Negara Hingga Rp 1,5 Triliun

Serba Serbi Seputar Peresmian Blok G Tanah Abang

Dapatkan FREE TICKET Launching Superbook!

Sumber : BBC | Liputan6 | Jawaban.com
Halaman :
1

Ikuti Kami