Korupsi di Papua Rugikan Negara Hingga Rp 1,5 Triliun
Sumber: kedaiberita.com

Nasional / 2 September 2013

Kalangan Sendiri

Korupsi di Papua Rugikan Negara Hingga Rp 1,5 Triliun

Budhi Marpaung Official Writer
3056

Kawasan Timur Indonesia kini ikut terbelit persoalan korupsi. Kepolisian Daerah Papua, Senin (2/9) mengungkapkan bahwa dari Januari hingga Agustus 2013 saja, pihaknya telah menangani 133 kasus pencurian uang negara.

"Kerugian negara mencapai Rp 1,5 triliun. Dan yang bisa diselamatkan Rp 8,5 miliar termasuk menyita beberapa benda tak bergerak dan bergerak seperti bangunan senilai Rp 900 juta, sejumlah mobil mewah dan motor," ujar Kabid Humas Polda Papua Kombes Pol I Gede Sumerta Jaya di Jayapura seperti dilansir dari Antara, Senin (2/9).

Menurut Sumerta Jaya, 133 kasus korupsi yang ditangani Polda Papua, seluruhnya kini dalam proses penyelidikan.

"Ada 58 kasus yang sedang diselidiki. Yang sudah diterbitkan Surat Pemberitahuan Dimulainya Penyidikan (SPDP) ada 28 berkas dan kasus yang telah dinyatakan Surat Pemberitahuan Pemberhentian Perkara (SP3) ada satu berkas," sambungnya.

Untuk tahap I atau yang baru pengiriman berkas, ungkap Sumerta Jaya, ada 4 berkas. Lalu pengembalian berkas karena data-datanya belum lengkap atau biasa disebut P18 dan P19 ada 18 berkas.

"Dan untuk P21, yang berkasnya sudah lengkap ada 34 kasus. Sementara untuk rencana tahap II yang artinya akan dikirim baik tersangka maupun barang buktinya itu 5 berkas," jelasnya.

Semoga semua kasus korupsi di Papua dapat terselesaikan dan para pelakunya dijerat sesuai dengan hukum berlaku. Walau jalan yang ditempuh panjang, tetapi dengan bantuan dari para pendeta dan tokoh-tokoh masyarakat yang takut akan Tuhan, Bumi Cenderawasih pasti bisa bersih dari kegiatan-kegiatan kotor dan tak manusiawi ini.  

 

Baca juga :

Tak Berpotensi Tsunami, Gempa Goyang Papua

Dapatkan Tiket Masuk GRATIS Acara Launching Superbook DISINI !

Antonie, Kisah Seorang Martir Tana Toraja  

10 Cara Praktis Mencegah Kanker Serviks

Robert Gilmour LeTourneau, Pengusaha yang Cinta Tuhan

Make A Move, Lagu Rohani Dari Royal Tailor yang Sungguh Menyenangkan

Kisah Nyata Mukti Si Germo Cilik

Sumber : merdeka.com / budhianto marpaung
Halaman :
1

Ikuti Kami