The Butler, Kisah Pelayan Gedung Putih Yang Bertabur Bintang
Sumber: google

Film Review / 28 August 2013

Kalangan Sendiri

The Butler, Kisah Pelayan Gedung Putih Yang Bertabur Bintang

Puji Astuti Official Writer
7628

Film berjudul The Butler ini diinspirasi oleh kisah nyata Eugene Allen, seorang pelayan  Gedung Putih keturunan afro-amerika yang melayani delapan presiden selama 30 tahun pengabdiannya.  Walau film ini dibuat berdasarkan biografi Allen, namun banyak bagian dari film The Butler ini adalah fiksi.

Tokoh utama dalam film ini bernama Cecil Gaines, dimulai dari saat ia masih anak-anak ditahun 1926, bekerja di perkebunan kapas yang dimiliki oleh sebuah keluarga kulit putih yang sangat kaya.  Saat itu ayah Cecil mendidiknya sebagai seorang pelayan, yang sama juga dengan budak  di masa itu, namun hal tersebut mengajarkan Cecil untuk menjadi pelayan yan baik sehingga memiliki kualifikasi menjadi pelayan di Gedung Putih di masa Dwight Eisenhower hingga Ronald Reagan berkuasa.

Yang menonjol dalam film ini adalah perjuangan warga kulit hitam Amerika untuk mendapatkan persamaan hak. Namun sutradara film ini, Lee Daniels  mengatakan sebenarnya film ini adalah kisah cinta antara seorang ayah kepada anaknya, yaitu Cecil dan dua orang putranya yang membencinya karena ia kompromi terhadap para pemimpin bangsa itu. Pada akhirnya kedua anak Cecil menjadi aktivis perjuangan persamaan hak masyarakat kulit hitam sedangkan ayahnya melayani para negarawan kulit putih ditengah diskriminasi ras saat itu.

Yang menarik dari film ini, selain ceritanya yang sangat menyentuh juga taburan bintang-bintang ternama yang memainkan peran-peran penting dalam film ini seperti Forest Whitaker yang memerankan Cecil Gaines, istri Cecil, Gloria Gaines yang diperankan oleh Oprah Winfrey, Robin Williams yang memerankan Dwight D. Eisenhower, John Cusack yang perankan Richard Nixon dan masih sederet nama terkenal lainnya. Hingga saat ini, The Butler masih menduduki puncak box office dan diperkirakan akan meraih sukses dan menghasilkan ratusan juta dolar.

Film ini memperlihatkan kelamnya diskriminasi yang dialami masyarakat kulit hitam hingga akhirnya masalah itu diselesaikan pada masa Presiden Ronald Reagan. Hal ini mengingatkan kepada semua orang dampak buruk isu [kamus]SARA[/kamus] dan pentingnya menjaga toleransi serta menghargai setiap orang apapun latar belakang sosial, ras, suku maupun agamanya.

Title : The Butler
Release Date: August 16, 2013
Starring: Forest Whitaker, Oprah Winfrey, David Oyelowo, Cuba Gooding, Jr., Terrence Howard, Robin Williams, Clarence Williams III, Jane Fonda, Alan Rickman, Liev Schreiber, John Cusack
Genre: Historical Drama
Audience: Teenagers and adults
Rating: PG-13
Runtime: 129 minutes
Distributor: The Weinstein Company
Director: Lee Daniels
Executive Producer: Michael Finley, Sheila C. Johnson, Brett Johnson, Matthew Salloway, Earl W. Stafford, Danny Strong, Harvey Weinstein, Bob Weinstein
Producer: Lee Daniels, Pamela Oas Williams, Laura Ziskin, Buddy Patrick, Cassian Elwes
Writer: Danny Strong

Baca juga artikel lainnya :

April Mob ala Gedung Putih Washington

Menteri Kulit Hitam Pertama di Italia Dilempari Pisang

Gedung Putih Komentari Gereja Baptis Westboro

Penginjil Kulit Putih : Kenapa Penginjil Kulit Hitam Pilih Obama?

Jesus Of The People, Refleksi Seni Yesus Kulit Hitam

Ini Rahasia Untuk Tetap Awet Muda Dan Diberkati


<iframe width="560" height="315" src="//www.youtube.com/embed/9uBXH_DLxsU" frameborder="0" allowfullscreen></iframe>

Sumber : Movieguide.org | WahshingtonPost.com | CBN.com |Puji Astuti
Halaman :
1

Ikuti Kami