Perangi Kanker Serviks, Pemerintah Irlandia Beri Vaksinasi Pada 44.000 Gadis
Sumber: Google

Serba-Serbi Sehat / 27 August 2013

Kalangan Sendiri

Perangi Kanker Serviks, Pemerintah Irlandia Beri Vaksinasi Pada 44.000 Gadis

Puji Astuti Official Writer
4287

Kanker serviks atau kanker leher rahim menjadi salah satu penyakit mematikan bagi para wanita di dunia. Diperkirakan ada satu orang wanita mati setiap jamnya karena penyakit yang disebabkan oleh human papillomavirus (HPV) ini.

Virus HPV rata-rata menyerang wanita berusia di atas 20 tahun atau yang telah aktif secara seksual. Salah satu antisipasi yang bisa dilakukan adalah dengan vaksinasi. Karenanya, demi menyelamatkan generasi masa depan, pemerintah Irlandia sejak tahun 2011 telah melakukan program nasional vaksinasi bagi gadis-gadis remaja usia sekolah.

Sekitar 250 wanita didiagnosa menderita kanker serviks setiap tahunnya di Irlandia, dan 80 persennya meninggal dunia. Karenanya pemerintah membuat program vaksinasi bagi anak-anak perempuan di sekolah mulai kelas 6.  

Menurut Dr Kelleher, asisten direktur nasional perlindungan kesehatan di HSE, saat ini sekitar 72 persen gadis usia sekolah sudah mendapatkan vaksinasi yang rutin dilakukan. Jumlah tersebut lebih tinggi dari target, yaitu hanya 60 persen.

Vaksinasi kanker serviks diberikan dala tiga periode, yaitu bulan ke 0 atau pertama kali di suntik, kemudian bulan pertama dan bulan keenam. Tujuannya agar vaksin dapat mengenali virus ketika tubuh mulai terinveksi. Vaksin bisa diberikan sejak dini, mulai dari 10 tahun. Disarankan lebih awal sebelum seorang wanita mulai aktif secara seksual sehingga tubuhnya sudah memiliki daya tahan nantinya.

Vaksinasi adalah bentuk pencegahan, jadi tidak bisa diberikan kepada mereka yang sudah terkena kanker serviks. Selain itu, wanita hamil dan ibu yang menyusui tidak disarankan untuk mendapatkan vaksinasi ini.

Baca juga artikel lainnya :

Nikmatnya Teh Hijau, Beri Manfaat Hindarkan Kanker Serviks

Hanya Dengan Minum Teh Hijau, Tak Takut Rambut Rontok Lagi

Masyarakat Masih Pandang Sebelah Mata Kanker Serviks

Tanya Jawab Kanker Serviks

Pembalut Herbal Ampuh Cegah Kanker Serviks ?

Ini Rahasia Untuk Tetap Awet Muda Dan Diberkati

Sumber : Irishexaminer.com | Puji Astuti
Halaman :
1

Ikuti Kami