Lepas Dakwaan Korupsi, Hosni Mubarak Kembali Hirup Udara Segar
Sumber: Kontan.com

Nasional / 22 August 2013

Kalangan Sendiri

Lepas Dakwaan Korupsi, Hosni Mubarak Kembali Hirup Udara Segar

Lori Official Writer
2923

Mantan Presiden Mesir, Hosni Mubarak yang digulingkan dari kekuasaannya pada era reformasi Mesir 2011 lalu, kini akan kembali menghirup udara kebebasan. Pengadilan membebaskan Mubarak dari tindak korupsi yang dilakukannya semasa pemerintahannya lebih dari tiga dekade dalam keputusan pengadilan Senin (19/8) lalu.

Selain telah lolos dari dakwaan korupsi, kebebasannya juga merupakan masa akhir maksimal penahanan yang diputuskan berlangsung selama dua tahun. Jaksa Agung Ahmed el-Bahrawi menyatakan bahwa putusan pembebasan terhadap Mubarak ini bersifat final dan jaksa tidak dapat mengajukan banding lagi, seperti dilansir BBC, Kamis (22/8).

Mubarak akan resmi melepas statusnya sebagai tahanan sejak hari ini Kamis (22/8). Namun pengadilan tetap menetapkan Mubarak sebagai ‘tahanan rumah’, sebab   proses peradilan terkait tuduhan pembunuhan massal demonstran di era gejolak reformasi sebelum dirinya digulingkan masih belum tuntas.

Atas kasus ini, Mubarak dijatuhi hukuman penjara seumur hidup sebab dianggap tidak dapat mencegah terjadinya insiden berdarah tersebut. Persidangan ulang harus digelar sebab dirinya mengajukan banding terkait dakwaan tersebut yang hingga kini masih belum tuntas.

Sejak 2011, Mubarak sudah menjalani penahanan di penjara Tora di bagian Selatan Kairo. Kini dirinya akan kembali menghirup udara segar ditengah-tengah kondisi Mesir yang masih terus bergejolak. Kebebasan ini belum pasti akan berpengaruh terhadap kondisi Mesir ke depan.

 


Baca Juga Artikel Lainnya:

8 Hari Jelang Pilgub Jawa Timur, Distribusi Logistik Belum Rampung

HTI : Ajang Miss World Ini Hanya Untuk Kapitalisasi Maksiat

Yakini Konser Band Metallica Lancar, Jokowi Kantongi 6 Tiket

Korban 18 Tewas Bus Giri Indah Diantaranya Jemaat GBI RE

GBI RE Fokus Pada Evakuasi Korban Selamat Kecelakaan Bus Giri Indah

Sembuh Miom 6,9 cm Tanpa Operasi!

Sumber : BBC | Jawaban.com | Lori
Halaman :
1

Ikuti Kami