7 Hal yang Bakal Diajarkan Messi kepada Neymar

Nasional / 21 August 2013

Kalangan Sendiri

7 Hal yang Bakal Diajarkan Messi kepada Neymar

Yenny Kartika Official Writer
8249

Bergabungnya Neymar dengan Barcelona akan membuat publik penasaran dengan duetnya bersama Lionel Messi di musim ini. Namun bukan hanya sekedar disandingkan, duo ini juga pastinya akan saling belajar satu sama lain.

Neymar tentu sangat beruntung bisa belajar dari Messi, si pesepakbola terbaik sejagad. Seperti dilansir dari Bleacher Report, berikut ini 7 hal yang akan diajarkan Messi kepada Neymar selama dia di Barca.

 

#1 Cara menerima pukulan

Messi dan Neymar memiliki sebuah kesamaan: mereka sama-sama sering menjadi target pemain belakang dan menerima hantaman saat tengah melenggang di lapangan hijau.

Messi terkenal sebagai pemain yang sulit dijatuhkan. Kemampuannya mempertahankan keseimbangan dan kuda-kuda sangatlah luar biasa. Sementara Neymar tidak terlalu ahli dalam hal ini. Ada yang bilang, itu karena Neymar lebih suka melakukan diving untuk mengambil keuntungan.

Bersama Messi, Neymar akan belajar bagaimana tetap bertahan meskipun banyak usaha untuk menjatuhkan dia.

 

#2 Kesabaran

Bersikap sabar adalah hal yang dipelajari hampir semua pemain muda, termasuk Neymar. Ketika dia mendapat bola, Neymar selalu bergerak maju untuk memberikan ancaman, padahal itu bukanlah tindakan yang (selalu) tepat dilakukan.

Messi telah menguasai seni untuk bermain dengan agresif maupun dengan ketenangan. Dalam sistem tiki-taka ala Brazil, setiap pemain perlu untuk tenang dengan bola yang dia kuasai sembari memperhatikan apa yang bakal terjadi. Menundukkan kepala sambil maju ke depan akan merusak cara permainan khas di Barcelona, sehingga Neymar harus beradaptasi dengan cara baru.

 

#3 Pentingnya kerja keras

Sistem permainan di Barcelona bergantung pada usaha tiap orang untuk mendapatkan bola. Namun, kerja keras Messi seringkali bukan hanya mendapat bola dari lawan, tetapi juga menggiringnya ke gawang dan mencetak gol.

Selama di Barca, Neymar juga akan diharapkan bekerja sekeras Messi. Bersama Messi, kemungkinan dia harus melakukan banyak pertahanan, dan ini akan meningkatkan kontribusi Neymar secara drastis.

Penyerang yang bersedia kerja keras tanpa memperoleh bola dan membantu untuk mempertahankan rekan satu timnya, merupakan hal yang langka, namun sikap demikian sangatlah dihargai.

 

#4 Membuat assist adalah sama pentingnya dengan mencetak gol

Baik Messi maupun Neymar diketahui sebagai pencetak gol terbaik di dunia. Namun, sebagai pemain bola, mencetak gola bukanlah satu-satunya tujuan.

Bagi lawan-lawannya, Messi itu memiliki ‘sengat mematikan’ 2 kali lipat, karena dia mampu mengolah kulit bundar sekaligus mencari-cari kesempatan di tengah kesempitan. Selain itu, Messi juga dikagumi sebagai salah satu pengoper terbaik dalam sepak bola.

Menurut ESPN, sejauh ini, Messi telah mengantongi 18 assist dalam empat dari lima musim terakhir, sementara Neymar sudah mencetak 14 assist dalam satu tahun. Dengan pembelajarannya bersama Messi, kita lihat saja peningkatan seperti apa yang akan dibuat Neymar.

 

#5 Bagaimana menyeimbangkan antara kebanggaan dan kerendahan hati

Neymar sedang memasuki tahap dimana dia bukan hanya menjadi pemain, tetapi menjadi seorang yang normal pada umumnya. Sebagai orang biasa, kebanggaan dan kerendahan hati haruslah sama-sama dimiliki, karena publik akan mengenal dia bukan hanya di dalam lapangan, tetapi juga di luar lapangan (di rumah tangga, di masyarakat, dll).

Messi bisa mengajarkan Neymar bagaimana untuk memiliki kebanggaan akan prestasi, namun tidak menjadi takabur dan tetap sederhana. Rasa bangga memang diperlukan untuk membentuk kepercayaan diri, tetapi dengan kerendahan hati, orang lain akan menghormati. Messi telah memenangkan hati banyak orang, dan Neymar kelak akan belajar banyak darinya.

 

#6 Sinergi

Memiliki sinergi artinya memiliki pemahaman bahwa kesuksesan kelompok jauh lebih penting daripada kesuksesan perseorangan. Sinergi adalah salah satu hal yang akan dipelajari oleh Neymar.

Sepak bola adalah permainan tim, dan gol yang dibuat adalah demi tim. Kesuksesan setiap individu memang penting, namun keberhasilan tim jauh lebih penting.  

Messi adalah sosok yang bisa diteladani dalam komitmennya untuk mewujudkan kesuksesan tim ketimbang kesuksesan pribadi. Neymar seharusnya segera belajar dari pemain Argentina ini.

 

#7 Cara untuk menjadi unggulan

Beberapa pemain akan dikenal bukan hanya sebagai atlet, tetapi juga sebagai orang yang mampu menata kehidupannya sehari-hari di luar lapangan. Untuk itulah, diperlukan waktu untuk mengujinya.

Messi bukan hanya salah satu pemain terbaik dalam sejarah sepak bola. Empat kali penghargaan Ballon d’Or yang diraihnya menunjukkan kualitas yang dia miliki sebagai seorang unggulan.

Di usianya yang baru menginjak 21 tahun, talenta Neymar sudah begitu menonjol, tapi itu belum cukup memastikan bahwa kariernya akan langgeng. Messi akan mengajarkan Neymar bagaimana bersikap dewasa, sehingga kelak dia mungkin akan menggantikan posisi Messi.

 

Ini adalah kesempatan emas bagi Neymar. Tentu saja, selalu ada alasan di balik setiap peristiwa. Bergabungnya Neymar di Barcelona pastinya bukanlah kebetulan.

 

 

Sumber : Bleacher Report | yk
Halaman :
1

Ikuti Kami