Ini Dugaan Penyebab Rusuh dan Pembakaran Lapas Labuhan Ruku
Sumber: Tribunnews.com

Nasional / 18 August 2013

Kalangan Sendiri

Ini Dugaan Penyebab Rusuh dan Pembakaran Lapas Labuhan Ruku

Puji Astuti Official Writer
3755

Kerusuhan dan pembakaran di lembaga pemasyarakatan kembali terjadi, kali ini terjadi di Lapas Labuhan Ruku di Kabupaten Batubara, Sumatera Utara pada Minggu petang (18/8).

"Berawal pada tanggal 17 Agustus 2013 adanya pemindahan 49 orang napi dari Lapas Lubuk Pakam ke Lapas Labuhan Ruku," demikian penjelasan Kepala Divisi Humas Mabes Polri Irjen Pol. Ronny Franky Sompie yang dikutip Kompas.com.

Menurut Irjen Franky, kejadian bermula dari saat napi istirahat pada pukul 16.00 WIB, seorang sipir diserang oleh 5 orang napi dan meneriakkan "serbu." Provokasi pun dilakukan dan gedung utama lapas pun dibakar. Sekitar 25-30 napi kemudian melarikan diri, diduga melalui tembok kiri dan kanan lapas.

Saat berita ini dirilis, api telah berhasil dipadamkan dan pihak berwajib mendata napi yang melarikan diri untuk memudahkan pengejaran. Selain provokasi dari napi, kondisi Lapas Labuhan Ruku yang melebihi kapasitas diduga menjadi salah satu penyebab kerusuhan ini.

Kerusuhan yang terjadi di lapas bukanlah pertama kalinya terjadi di tahun ini, sebelumnya lapas di Tanjung Gusta, Medan rusuh dan dibakar serta ratusan narapidana melarikan diri. Jika pemerintah tidak segera menangani masalah ini dengan baik,  bisa jadi hal serupa akan terulang di tempat lain.

Baca juga artikel lainnya :

Kisah Nyata Penjahat yang Bertemu Kasih Tuhan Di Penjara

Gereja Jadi Alternatif Pusat Rehabilitasi Pecandu Narkoba

Buntut Napi Rusuh, Kalapas Tanjung Gusta Dicopot

Spesial Topik HUT RI
Gerakan Jendela 4-14, Untuk Masa Depan Bangsa!

Sumber : Kompas.com | Puji Astuti
Halaman :
1

Ikuti Kami