Warga Tionghoa : Ini Soal Rasa Kebangsaan yang Dipupuk Sejak Kecil
Sumber: okezone.com

Nasional / 17 August 2013

Kalangan Sendiri

Warga Tionghoa : Ini Soal Rasa Kebangsaan yang Dipupuk Sejak Kecil

Lois Official Writer
3538

Bendera merah putih harusnya berkibar lima hari sebelum 17 Agustus, sesuai Pedoman Peringatan HUT RI yang diterbitkan Menteri Sekretaris Negara Sudi Silalahi yaitu pada Rabu (14/8) lalu. Kenyataannya, masyarakat terlihat semakin ‘lesu’ memasang bendera kebangsaan ini. Namun, berbeda dengan yang terlihat di wilayah Medan ini.

Wilayah yang dominan dihuni warga Tionghoa ini terlihat jauh lebih semarak dibandingkan warga lain, seperti di kawasan Jalan Industri, Kawasan Asia, Kawasan Kesawan, dan Kawasan Jalan Sekip Medan. Di sana penuh dengan bendera dan umbul-umbul berwarna merah putih yang mereka pasang secara gotong royong.

Rudi Tan (43), warga Jalan Gandhi Medan yang sehari-hari bekerja sebagai pedagang sembako di Pasar Petisah mengaku, pemasangan bendera rutin dilakukan setiap menjelang hari kemerdekaan. Memasang bendera baginya adalah bukti dia warga Indonesia, meski menjadi warga minoritas. “Dimana kaki dipijak, di situ bumi dijunjungkan. Nah ini bukan hanya soal mengikut pemerintah tapi juga soal rasa kebangsaan yang juga dipupuk pada kita sejak kecil,” tegasnya.

Rasa bangga sebagai warga negara Indonesia harus terus dipupuk. Tradisi yang selama ini dilakukan pun jangan sampai diabaikan. Tunjukkan kita adalah anak bangsa yang beradab. Bukan hanya melalui pemasangan bendera merah putih, tapi juga dari perkataan dan perbuatan kita untuk kemajuan bangsa. Merdeka!!!!

 

Baca juga :

Aceh Ngotot Kibarkan Bulan Bintang di Samping Merah Putih

Penjual Bendera yang Belum Rasakan Kemerdekaan

Resep Kukis Bendera Merah Putih

Manusia Lama dan Manusia Baru

Cara Merawat Kembar dengan Asyik

Tips Mengasah Otak Tetap Prima

6 Langkah Merdekakan Diri Dari Label "Pegawai"

Tuhan Menolongku Melunasi Biaya Kuliah

Sumber : okezone.com-solopos.com by lois horiyanti/jawaban.com
Halaman :
1

Ikuti Kami