Saatnya Berhenti Nge-Tweet di Usia Produktif (2)

Career / 17 August 2013

Kalangan Sendiri

Saatnya Berhenti Nge-Tweet di Usia Produktif (2)

daniel.tanamal Official Writer
3272

Sepuluh hal yang harus dilakukan dan tidak dilewatkan di usia 20-1n dimana kita sedang produktif telah dibahas pada artikel yang lalu. Kini masih ada sepuluh hal lagi yang perlu anda ketahui untuk mempergunakan “umur emas” ini sebaik mungkin.

11. Bersosialisasi. Jangan hanya mematung dan menempel di dinding jika ada satu helatan penting perusahaan. Menunjukkan kinerja yang baik pada mentor atau atasan juga perlu.

12. Petakan keahlian profesional yang mau ditingkatkan. Ketika dihadapkan pada pekerjaan yang tidak disukai, jangan serta-merta langsung menolak. Lakukan semua dengan semaksimal mungkin, namun tetap petakan mana keahlian yang mau ditingkatkan.

13. Bicara dengan lantang. Saat melihat ada satu yang salah di perusahaan tempat bekerja atau bidang yang digeluti, selesaikan dengan baik. Bicara dengan lantang, bukan bicara dari belakang, seperti bergosip saat makan siang. Efektif komunikasikan persoalan yang ada.

14. Terus bangun dan tingkatkan keahlian dasar. Dulu, orang wajib mahir menggunakan aplikasi program Microsoft Office dan diikuti dengan yang lain, seperti WordPress, Excel, PowerPoint, dan Outlook. Dengan perkembangan teknologi, keahlian tambahan yang perlu dimiliki tentu sudah lebih berkembang.

15. Bangun jejaring. Memperluas pergaulan dan mengenal lebih banyak orang tentu akan menjadi hal positif di kemudian hari. Hubungan yang baik akan menjadi investasi Anda yang utama.

16. Punya setidaknya tiga mentor profesional. Salah satu jalan menuju sukses adalah memiliki mentor yang mahir di bidang yang digeluti. Mereka bisa menjadi pemandu, penunjuk jalan, dan pemberi masukan yang akan berguna.

17. Pilih salah satu idola dan bersikaplah sepertinya. Jika punya impian, tetapi tidak tahu bagaimana mewujudkannya, pilih salah satu di antara yang sukses, lalu adaptasilah apa yang sudah ia lakukan. Bersikaplah seperti apa yang ia lakukan, seperti disiplin, berani ambil keputusan, dan hal positif lainnya.

18. Bacalah lebih banyak buku dan berhenti nge-tweet. Aktivitas di media sosial, entah itu bikin status di Twitter, Facebook, atau Path, kadang mencuri waktu lebih banyak. Bahkan ada yang sudah tak lagi sempat membaca buku. Ubah kebiasaan ini dari sekarang. Kunci sukses adalah memanfaatkan waktu dengan baik. Baca buku lebih bermanfaat dari sekadar aktif dan mencandu media sosial.

19. Menabung. Karena masih merasa muda dan lajang, lalu pendapatan dihambur-hamburkan. Ada baiknya mulai menabung dan menghabiskan tidak lebih dari separuh dari penghasilan per bulan. Ini bisa menjadi modal besar ketika ingin mewujudkan impian di kemudian hari.

20. Menjaga reputasi dan nama baik. Ini hal yang tidak ternilai, baik di dunia bisnis, pekerjaan, maupun profesional. Jangan rusak nama baik hanya karena suatu hal yang sederhana. Sekali kehilangan reputasi dan masuk dalam daftar black-list, susah memperbaikinya lagi.

 

 


Sumber : Kompas Female
Halaman :
1

Ikuti Kami