Gondol 2 Emas di Bulutangkis, Mental Adalah Kuncinya
Sumber: reuters

Nasional / 12 August 2013

Kalangan Sendiri

Gondol 2 Emas di Bulutangkis, Mental Adalah Kuncinya

Lois Official Writer
3062

Indonesia meraih dua gelar juara dunia dalam Kejuaraan Bulutangkis 2013 yang digelar di Guangzhou, China. Masing-masing gelar tersebut dipersembahkan oleh pasangan ganda campuran Tontowi Ahmad/Liliyana Natsir dan ganda putra Mohammad Ahsan/Hendra Setiawan.

Pada partai final, Tontowi/Liliyana harus melewati pertandingan tiga set (21-13, 16-21, dan 22-20) sedangkan Ahsan/Hendra 21-13 dan 23-21

“Di game ketiga sebenarnya mental yang paling berperan. Saat kedudukan 20-20, Xu/Ma mendapatkan tekanan yang sangat besar karena mereka berstatuskan tuan rumah. Inilah yang kami manfaatkan untuk selanjutnya bisa memenangkan pertandingan,” ujar Liliyana mengungkapkan kemenangan mereka. Tontowi pun berpendapat hal serupa. Tidak hanya itu, Ahsan/Hendra pun mengungkapkan apa yang dikatakan Tontowi/Liliyana.

“Kemenangan Tontowi/Liliyana membuat kami menjadi lebih percaya diri. Itu sangat menunjang performa kami. Yang pasti mental bertanding lebih rileks dari sebelumnya, itu yang jadi kunci utama,” ucap Hendra.

Kesuksesan tim bulutangkis Indonesia mendapatkan apresiasi khusus dari Presiden Republik Indonesia, Susilo Bambang Yudhoyono. “Presiden bangga dan terharu. Apalagi saat bendera Indonesia dan lagu Indonesia Raya dikumandangkan. Presiden mengucapkan terima kasih atas perjuangan Tontowi dan Liliyana, pak Gita, dan juga tim official lainnya,” ujar SBY saat pertandingan Tontowi/Liliyana selesai.

Kedua hasil yang dicapai ini membuat target yang ditetapkan Persatuan Bulutangkis Seluruh Indonesia (PBSI) terlampaui, dari yang hanya mengincar satu gelar juara ternyata membuahkan dua emas. Selain itu, Liliyana Natsir juga mencetak rekor sebagai pebulutangkis putri pertama yang mampu meraih tiga gelar juara dunia nomor ganda campuran. Hasil yang dicapai ini tentu menjadi kado tersendiri buat Indonesia yang sebentar lagi akan berulang tahun.

 

Baca juga :

Resep Kukis Bendera Merah Putih

Perkatakan Janji Allah, Mujizat Pasti Terjadi

Saat Kita Harus Mengampuni

Ini Cara Bijak Orangtua Meminta Maaf Pada Anak

Hubungan Antara Schizophrenia dengan Kebugaran Tubuh

Kista di Rahim, Tidak Menghalangi Mujizat Tuhan

Sumber : viva.co.id by lois horiyanti/jawaban.com
Halaman :
1

Ikuti Kami