Vietnam Lakukan Eksekusi Suntik Mati Pertama Kali
Sumber: Norwichamnesty.org.uk

Nasional / 8 August 2013

Kalangan Sendiri

Vietnam Lakukan Eksekusi Suntik Mati Pertama Kali

Lori Official Writer
6548

Sejak Vietnam menyepakati mekanisme eksekusi dari penembakan menjadi suntikan pada tahun 2011, negara ini telah melakukan eksekusi suntik mati tersebut pertama kalinya kepada seorang narapidana bernama Nguyen Anh Tuan.

Tepatnya, Selasa (6/8) kemarin pria berusia 27 tahun ini dieksekusi dengan suntikan zat kimia. Di rumah tahanan polisi di Hanoi, zat kimia mematikan tersebut disuntikkan ke tubuh Tuan. Sesaat kemudian ia pun mengalami tidur yang lelap hingga akhirnya jantungnya berhenti berdetak. Ia merupakan narapidana yang divonis hukuman mati akibat tindak kriminalitas perampokan dan pembunuhan terhadap seorang perempuan pada Maret 2009.

Sementara itu, Uni Eropa sudah lama menentang pemberlakuan hukuman mati oleh negara komunis tersebut, sebab dianggap melanggar hak asasi manusia. Sejak itu, Uni Eropa sepakat untuk melarang ekspor zat kimia ke negara itu guna mencegah tindakan Vietnam.

Namun nyatanya saat ini, perusahaan lokal Vietnam justru dapat memproduksi zat mematikan itu, sehingga mekanisme eksekusi dari penembakan menjadi suntikan telah resmi diberlakukan di Vietnam.

Suntikan mati yang pertama kali telah diberlakukan kepada Tuan, dan sekitar 586 narapidana vonis mati sedang menanti giliran. Kendati dengan alasan apapun, hukuman mati tetap bertentangan dengan hak asasi manusia dan keyakinan agama.


Baca Juga Artikel Lainnya:

Ada Apa Dibalik Pesan Singkat Bom Vihara Ekayana?

Indonesia Raih Medali di Olimpiade Astronomi Internasional

Perempuan Ini Mudik Menggunakan Sepeda Bandung-Jogja

Perjanjian Damai Israel-Palestina Ditargetkan Sembilan Bulan

Pemudik Jalur Udara dan Darat Meningkat Signifikan

Joanna Alexandra Berburu Tips Jadi Pengusaha

Sumber : Tempo.co | VOA | Lori
Halaman :
1

Ikuti Kami