Besudut, Si Anak Rimba Pertama yang Lolos Universitas
Sumber: Warsi.or.id

Nasional / 1 August 2013

Kalangan Sendiri

Besudut, Si Anak Rimba Pertama yang Lolos Universitas

Lori Official Writer
4796

Besudut, anak rimba asal Jambi ini menjadi pengukir sejarah bagi Suku Anak Dalam. Pasalnya, prestasi jebolnya ia ke Universitas adalah cerita yang pertama kali terjadi.

Menurut Komunitas Konservasi Indonesia Warsi Jambi, Besudut telah lulus sebagai mahasiswa baru di Universitas Jambi lewat jalur seleksi Penerimaan Mahasiswa Baru (PMB) yang diikutinya. Atas prestasi yang dicapai oleh pemuda yang memakai nama Abdul Jalil ini, maka stigma masyarakat yang menganggap suku Anak Dalam sangat terbelakangan dalam hal pendidikan akan segera sirna.

Humas KKI Warsi, Sukmareni menyampaikan kebahagiaannya atas kelulusan Besudut si anak rimba yang merupakan binaan komunitas tersebut.

“Besudut adalah salah satu anak pendampingan kita selama bertahun-tahun belakangan yang berhasil menggapai asanya bisa mengecap dunia pendidikan formal sampai keperguruan tinggi,” ungkap Reni, seperti dilansir Antaranews.com.

Sebelumnya, Besudut telah berhasil menyelesaikan tingkat pendidikan formal SD selama 1.5 tahun. Lalu di jenjang SMP dan SMA ia mampu menyelesaikan studi tanpa hambatan, hingga akhirnya lulus di usia 22 tahun. Prestasinya juga tampak pada hasil UN SMA yang cukup baik dengan nilai rata-rata 6.8.

Latar belakang suatu hal memang sangat berpengaruh terhadap stigma masyarakat. Namun keberhasilan seorang Besudut tidak dapat dipandang sebelah mata, sebab melalui awal keberhasilannya pandangan masyarakat atas suku Anak Dalam yang terbelakang akan berubah.


Baca Juga Artikel Lainnya:

Alasan Pemecatan 5 Direksi Merpati Air Oleh Kementrian BUMN

Tanggulangi Rasisme, Australia Gunakan Artis Hip Hop

PPP Bela Lulung Habis-habisan, Ada Apa Ya?

Penelitian Ungkap Yoga Dapat Sembuhkan Nyeri Punggung Kronis

Hanya Dalam Lima Jam Mujizat Terjadi

Sumber : Antaranews.com | Jawaban.com | lori
Halaman :
1

Ikuti Kami