Mudik ke Jawa? Hindari Macet Pantura dengan Jalur Ini
Sumber: antara.com

Nasional / 30 July 2013

Kalangan Sendiri

Mudik ke Jawa? Hindari Macet Pantura dengan Jalur Ini

Lois Official Writer
4011

Hendak mudik ke Jawa namun ingin menghindari macetnya Pantura? Sejumlah jalur alternatif ini bisa dijadikan pilihan oleh para pemudik. Jalurnya ada yang lebih pendek, namun perlu diperhatikan kendala lainnya. Berikut ini beberapa jalur yang bisa ditempuh, seperti yang dilansir oleh tempo.co :

Dari Provinsi Jawa Tengah ke Jawa Timur

Bisa dimulai dari Kabupaten Rembang, mengarah ke Cepu, Kabupaten Blora, lalu Padangan, Kabupaten Bojonegoro, ke Babat, Kabupaten Lamongan, Gresik hingga Surabaya. Bisa juga melewati jalur Rembang mengarah ke Ngawi dengan melalui Cepu, Padangan, hingga kemudian Surabaya.

Semarang ke Surabaya

Melalui Kabupaten Demak, Purwodadi. Selanjutnya ke arah Cepu, lalu masuk ke Bojonegoro, Lamongan, Gresik, hingga Surabaya. Jika melewati Pantura, Semarang ke Bojonegoro berjarak sekitar 195 kilometer, tapi melewati Purwodadi hanya sekitar 170 kilometer. “Para pemudik sudah biasa menggunakan jalur ini untuk menghindari kemacetan di jalur pantura,” ujar Kepala Dinas Perhubungan Kabupaten Bojonegoro Iskandar.

Nganjuk ke Tuban

Bojonegoro pun bisa menjadi titik penghubungnya. Namun, Iskandar meminta pemudik berhati-hati. Pasalnya, sepanjang 120 kilometer jalur berkelok-kelok dan sempit serta berkabut, terutama di hutan jati di Kecamatan Gondang dan Kecamatan Temayang. “Kondisi jalan cukup bagus. Hanay saja perlu kewaspadaan, terutama pada malam hari.”

Menurut pantauan tim jawaban.com, jalur pantura sudah mulai berfungsi dengan baik, namun tentu saja banyaknya kendaraan yang akan melintas akan menyebabkan kemacetan parah. Ada baiknya melewati jalur alternatif ataupun berangkat beberapa hari ke depan sebelum terlibat dengan macet yang membuat stress. Yang penting, berkendaralah dengan aman agar semuanya selamat.

 

Baca juga :

Antisipasi Lebaran, Jalur Transportasi dan Jalan Mulai Dibenahi

Waspadai Jalur Mudik Rawan Kecelakaan

Pijatan, Salah Satu Ungkapan Sayang Pada Bayi

Perkatakan Janji Allah, Mujizat Pasti Terjadi

Resep 3 Cookies Bliss : Chocolate, Cheese, dan Peanut

Haruskah Meributkan Cara Baptisan?

Ketika Anak Bilang Benci Pada Orangtuanya

Hindari Nyeri Punggung dengan Pola Tidur Ini

Uang Belanja Pas-Pasan, Namun Tetap Memberi

Sumber : tempo.co by lois horiyanti/jawaban.com
Halaman :
1

Ikuti Kami