Hindari Nyeri Punggung dengan Pola Tidur Ini
Sumber: mayo clinic

Fit & Charming / 26 July 2013

Kalangan Sendiri

Hindari Nyeri Punggung dengan Pola Tidur Ini

Lois Official Writer
11644

Banyak orang yang mengalami nyeri punggung terutama saat baru bangun tidur. Hal ini merupakan tanda-tanda umum menuanya tubuh seseorang. Nyeri punggung saat bangun tidur disebabkan oleh ketidaksejajaran tulang belakang, menurut Daily Health Post selain memang sebagian besar manusia tidak memiliki postur tubuh yang sempurna.

Dengan menyesuaikan posisi tidur, sakit punggung akan terhindari. Penderita sakit punggung kronis sekalipun akan terbebas dari rasa sakit ini. Dengan posisi tidur yang baik, tulang belakang dan leher akan mendapatkan tekanan yang seimbang. Ini dia caranya :

Buat Keadaan Menyenangkan Saat Hendak dan Bangun Tidur

Kondisi tak menyenangkan saat bangun tidur tentu akan berpengaruh pada keseharian, ditambah lagi kegiatan sehari-hari yang membuat otot kencang dapat menjadi pemicu rasa sakit saat tidur.

Gunakan Bantal Tipis

Langkah pertama yang harus dilakukan adalah menggunakan bantal tipis atau handuk yang dilipat. Hindari bantal yang terlalu tinggi karena akan menimbulkan ketegangan pada leher. Gunakan bantal tepat di bawah leher.

Gunakan Bantal Pada Bawah Paha

Hal ini bertujuan untuk mengurangi ketegangan pada punggung bagian bawah saat kita tidur telentang. Bantal pada bawah paha itu membantu mempertahankan kurva normal dari punggung bagian bawah (pinggang). Anda juga dapat mencoba menaruh handuk kecil, di bawah punggung untuk dukungan tambahan.

Gaya Tidur Menyamping

Tidur dengan posisi miring atau menyaring dapat mengurangi tekanan pada tulang belakang Anda. Posisikan kedua kaki sedikit ditekuk dengan menempatkan bantal di antara sela lutut dan paha. Cobalah untuk selalu tidur di permukaan yang cukup padat, jangan terlalu empuk.

Gaya Tidur Telungkup

Posisi tidur dengan perut menghadap ke bawah dapat berdampak langsung pada punggung Anda. Anda dapat mengurangi ketegangan pada punggung dengan menempatkan bantal di bawah panggul dan perut bagian bawah. Gunakan pula bantal di bawah kepala Anda, tetapi dapat pula tanpa bantal di bawah kepala jika Anda tahu tidak menyebabkan ketegangan.

Selain itu, tentu aktivitas sehari-hari juga berdampak signifikan pada otot. Perhatikanlah posisi tubuh dalam segala aktivitas fisik. Di samping itu, luangkan waktu untuk melakukan peregangan. ini memberikan manfaat layaknya seperti melakukan terapi pijat.

Sumber : kompas.com-tempo.co by lois horiyanti/jawaban.com
Halaman :
1

Ikuti Kami