Bukan Sulap Bukan Sihir, Benda Diangkat dengan Suara
Sumber: Dimos Poulkakos

Nasional / 22 July 2013

Kalangan Sendiri

Bukan Sulap Bukan Sihir, Benda Diangkat dengan Suara

Lois Official Writer
5009

Sebuah studi terbaru menyebutkan bahwa para peneliti kini telah menemukan cara untuk membuat sebuah objek melayang di udara hanya dengan memanfaatkan gelombang suara, demikian metode yang dipublikasikan dalam jurnal Proceedings of the National Academy of Sciences, seperti yang dilansir Fox News. Pengangkatan benda (levitasi) ini mirip dengan kisah Harry Potter saat membaca mantera.

Gelombang ini sebenarnya sudah dikenal sejak beberapa dekade lalu. Para ilmuwan menggunakan transducer untuk memproduksi gelombang suara dan reflector untuk memantulkan gelombang sehingga menghasilkan gelombang transversal. “Gelombang transversal adalah gelombang yang dihasilkan seperti saat Anda memetik gitar. Senar bergerak naik dan turun, namun terdapat dua titik yang akan selalu tetap,” ujar Daniele Foresti, insinyur mesin di ETH Zurich, Swiss.

Dengan menggunakan gelombang transversal inilah, para ilmuwan dapat mengangkat setetes kecil cairan. Foresti dan rekan-rekannya merancang transducer mini yang cukup kuat untuk mengangkat benda berat namun cukup kecil untuk dapat dikemas. Metode ini memungkinkan manusia memanipulasi objek yang sedang melayang tanpa perlu menyentuhnya.

Apakah suara yang dihasilkan akan mengganggu pendengaran manusia? Frekuensi suara yang mengganggu manusia adalah sebesar 160 desibel atau setara dengan suara jet yang sedang lepas landas. Dalam percobaan ini, frekuensi suara yang digunakan hanya sebesar 24 kilohertz, sedikit berada di atas ambang frekuensi bunyi yang mampu didengar manusia pada umumnya.

Tentu perubahan teknologi yang dihasilkan ini mampu membawa suatu hal baru dalam kehidupan manusia. Dengan begitu, hal-hal yang dulunya bisa membuat kontaminasi karena harus disentuh, sekarang tidak perlu lagi. Kita belum mengetahui apa sisi buruknya, namun kita berharap semuanya mengarah pada perbaikan hidup manusia.

 

Baca juga :

Penelitian Temukan Ada God Spot dalam Otak Manusia

Penelitian : Selamat Tinggal Pada Uban

Penyebab dan Cara Busana Samarkan Perut Buncit

Berbagai Penglihatan yang Pernah Terjadi di Kitab Kejadian

Jika Orangtua Lebih Sayang Salah Satu Anak

Resep Menu Buka Puasa : Bubur Dimsum Pisang

Lakukan Ini Untuk Cegah dan Kurangi Varises

Indonesia Patut Berterima Kasih Kepada Anda!

Selamat Datang Bagi Newbie Juli 2013

Sumber : kompas.com by lois horiyanti/jawaban.com
Halaman :
1

Ikuti Kami