Selain Kendal, 3 Daerah Ini Tolak Kehadiran FPI
Sumber: antara news

Nasional / 19 July 2013

Kalangan Sendiri

Selain Kendal, 3 Daerah Ini Tolak Kehadiran FPI

Puji Astuti Official Writer
7019

Bentrokan antara massa Front Pembela Islam (FPI) dengan warga Kendal, Jawa Tengah memperlihatkan bahwa tidak sedikit masyarakat yang sudah antipati terhadap ormas yang kerap bertindak anarkis dan semena-mena dengan mengatasnamakan agama tersebut.

Namun penolakan terhadap kehadiran FPI ini bukanlah pertama kalinya, berikut adalah beberapa daerah yang sudah terlebih dahulu menolak kehadiran ormas Islam tersebut di wilayahnya :

Kalimantan Tengah

Pada Februari 2012 lalu, Pemerintah Provinsi Kalimantan Tengah secara resmi menolak keberadaan FPI di daerahnya, hal tersebut dituangkan dalam surat yang dikirimkan kepada Menteri Koordinator Politik, Hukum, dan Keamanan Joko Suyanto yang ditembuskan kepada Presiden RI, Ketua MPR dan DPR RI, Ketua MA, Ketua MK, Menteri Dalam Negeri, Kapolri, dan beberapa lembaga lainnya. Hal  ini dilakukan karena masyarakat menilai bahwa kehadiran FPI bertentangan dengan kearifan lokal suku Dayak yang cinta damai.

Pontianak, Kalimantan Barat

Keputusan  Kalimantan Tengah yang menolak kehadiran FPI diikuti oleh masyarakat Kabupaten Landak, Pontianak, Kalimantan Tengah pada bulan April 2012. Berdasarkan musyawarah dengan tokoh lintas agama dan pemerintah daerah, masyarakat menolak adanya FPI di wilayah tersebut demi menjaga ketentraman dan keamanan wilayah.

Sulawesi Utara

Kehadiran FPI di wilayah Sulawesi Utara sudah ditolak sejak tahun 2009, namun penolakan kembali muncul di bulan Juni 2013 lalu. Aspirasi tersebut disampaikan oleh Gerakan Masyarakat Peduli Kerukunan Kota Bitung (GMPK) dan ratusan organisasi adat serta ormas se-Sulut di kantor DPRD Bitung.

Citra FPI sebagai ormas yang kerap melakukan kekerasan, melakukan provokasi atas nama agama, dan tidak toleran terhadap kelompok minoritas telah membuat masyarakat antipati terhadap kehadirannya. Jika ormas tersebut tidak melakukan reformasi dan perbaikan diri, dapat dipastikan penolakan terhadap kehadiran FPI akan semakin meluas.

Baca juga artikel lainnya :

FPI dan Warga Bentrok di Kendal, Satu Tewas

Belajar Dari Munarman, Ketika Emosi Berujung Cemoohan

Diduga FPI Bubarkan Dialog Islam-Kristen di Surabaya

Terluka Karena Terlalu Mencintai Pasangan

Yang baru di MNC TV: Telenovela dan Acara Ala Gladiator

Sumber : Berbagai Sumber | Jawaban.com | Puji Astuti
Halaman :
1

Ikuti Kami