Ponsel Black Market Akan Diblokir!

Ponsel Black Market Akan Diblokir!

daniel.tanamal Official Writer
1882

Akibat begitu banyaknya peredaran ponsel black market (BM) maka Kementerian Komunikasi dan Informatika sesuai dengan permintaan Menteri Perdagangan Gita Wirjawan, telah menyetujui akan melakukan pemblokiran ponsel-ponsel tersebut. Namun Kemenkominfo meminta waktu persiapan selama satu tahun.

Dikatakan oleh Juru Bicara Kemenkominfo Gatot S Dewa Broto penangkalan ponsel BM akan dilakukan dengan cara memblokir international mobile equipment identity (IMEI) "bodong" yang ada di perangkat telekomunikasi di pasar gelap. Bila pemblokiran tersebut dilakukan, maka pengguna ponsel BM tak lagi bisa digunakan untuk berkomunikasi atau menelepon

"Mengingat keberadaan IMEI belum tentu sepenuhnya dipahami oleh sebagian besar pengguna layanan telekomunikasi dan mungkin sejauh ini yang diketahuinya hanya nomor telepon saja misalnya, maka sosialisasi intensif harus komprehensif," kata Gatot .

Pihaknya menambahkan bahwa, meskipun sepakat untuk mengatasi peredaran dan perdagangan ilegal perangkat telekomunikasi, Kemenkominfo sangat concern dan berhati-hati dengan masalah ini. Untuk itu, perlu dijelaskan lebih lanjut supaya tidak ada pemahaman yang keliru mengingat kini perangkat telekomunikasi tersebut baik yang legal maupun ilegal sudah digunakan oleh berbagai kalangan masyarakat.

 

 

Sumber : kompas tech

Ikuti Kami