Organisasi Guru Desak Pemerintah Tunda Kurikulum 2013
Sumber: Antaranews.com

Nasional / 12 July 2013

Kalangan Sendiri

Organisasi Guru Desak Pemerintah Tunda Kurikulum 2013

Lori Official Writer
3144

Sejumlah organisasi guru mengeluhkan keputusan pemerintah seputar penerapan kurikulum 2013. Mereka mendesak agar pemerintah menunda penerapannya sebab dianggap sangat terburu-buru.

Organisasi guru seperti Federasi Guru Independen Indonesia (FGII) dan Federasi Serikat Guru Indonesia (FSGI) meminta Komisi X DPR RI untuk turut menyaksikan penerapannya di sekolah. Mereka memandang bahwa tuntutan kurikulum 2013 tidak sebanding dengan kesiapan sekolah dan kualitas guru.

FSGI juga menilai bahwa persiapan pelatihan guru inti dan guru sasaran (mata pelajaran) tidak terkoordinir dengan baik, sebab kekurangan koordinasi antara trainer, guru inti dan guru sasaran. FSGI juga menemukan bahwa sekolah-sekolah didaerah tidak mendapatkan sosialisasi seputar desain induk kurikulum 2013 tersebut.

Perdebatan penerapan Kurikulum 2013 ini sudah terjadi sejak beberapa bulan terakhir ini. Guru mengeluhkan bahwa hal ini sangat merugikan siswa dan siswi serta membebani guru-guru yang masih belum siap dalam penerapannya. Selain itu, pemerintah pun harus mengucurkan anggaran yang cukup besar berkisar Rp 829 miliar dimana managemen perencanaan anggarannya masih belum matang.

Penerapan sistem pendidikan yang lebih baik memang penting bila menyangkut perubahan yang lebih baik. Namun tekanan dan tuntutan yang besar dan tidak sebanding dengan kualitas guru juga patut dipertimbangkan. Mencerdaskan generasi bangsa tidak serta merta harus dengan penerapan kurikulum yang rumit, namun justru harus dengan konsep yang sederhana.


Baca Juga Artikel Lainnya:

Sah, Besok Tarif Angkutan Umum di Jakarta Naik

Wanita Ini Rangkai Ratusan Lego Untuk Kaki Palsunya

Sebelum Ditembak, Fotografer Mesir Ini Rekam Kematiannya

Bukan Cuma Jokowi, Ramadhan Ini Basuki pun Ikut Blusukan

Indonesia Patut Berterimakasih Kepada Anda!

Sumber : Kompas.com | Jawaban.com
Halaman :
1

Ikuti Kami