Ibu Hamil Alami Resiko Varises Lebih Tinggi
Sumber: sihinjiko-healtylife.blogspot.com

Serba-Serbi Sehat / 10 July 2013

Kalangan Sendiri

Ibu Hamil Alami Resiko Varises Lebih Tinggi

Lori Official Writer
9282

Varises yang kerap dialami saat hamil disebabkan oleh pengaruh hormon progesteron yang menyebabkan pelebaran pembuluh darah. Varises ini umumnya terjadi pada kaki atau daerah vagina dan vulva. Rentannya ibu hamil mengalami varises dipicu oleh terhalang dan terhimpitnya pembuluh darah vena oleh rahim dalam perut yang membesar. Selain itu, tekanan gravitasi dan minimnya olahraga semakin memperparah kondisi ini sehingga disediakan senam khusus bagi ibu hamil.

Ciri-ciri:

a. Varises yang dialami oleh ibu hamil ditandai dengan rasa pegal dan kaku pada kaki

b. muncul penonjolan-penonjolan pembuluh darah di permukaan kulit bagian betis

c. berwarna hijau kebiru-biruan

d. tonjolan dapat berukuran kecil dan dapat berukuran besar

e. muncul di bagian betis atau kaki

Resiko Varises Terhadap Ibu Hamil:

Varises Semakin Parah Seiring Bertambahnya Usia Kandungan

Tonjolan-tonjolan yang timbul di bagian kaki atau betis merupakan pembuluh-pembuluh darah yang berhubungan erat dengan rahim. Kemunculannya bisa terjadi sejak tiga bulan pertama atau kapan pun. Varises akan bertambah besar bila aliran darah di pembuluh vena mengalami penimbunan darah yang diakibatkan oleh penekanan rahim. Pada umumnya, varises ini akan semakin besar dan parah di bulan-bulan akhir masa kehamilan.

Ibu hamil yang berusia 40 tahun keatas dan yang sudah pernah melahirkan lebih dari dua kali akan sangat rentan mengalami hal ini. Sangat dianjurkan agar dimasa-masa kehamilannya untuk olahraga dan melakukan pergerakan seperti jalan santai dan yoga untuk melancarkan peredaran aliran darah.

Varises Yang Muncul di Vagina Sebabkan Pendarahan

Varises yang muncul di Vagina saat hamil, dapat menjadi masalah yang sangat berbahaya sebab akan mengganggu kelancaran proses kelahiran. Hal ini juga dapat mengancam keselamatan calon ibu saat menjalani persalinan normal. Dalam proses ini, varises kemungkinan akan pecah dan menimbulkan pendarahan.

Bagi ibu hamil yang mengalami varises vagina, dianjurkan untuk melakukan proses bersalin lewat bedah Caesar.

Varises Yang Mengalami Infeksi Sebabkan Demam dan Pembengkakan

Infeksi varises atau plebitis ini ditandai dengan pembengkakan kaki dan rasa nyeri.  Bila kondisi ini sudah terjadi, minim kemungkinan untuk sembuh total sekalipun seusai proses persalinan. Plebitis ini disebabkan oleh thrombus yaitu zat pembeku pada darah dari rahim yang masuk ke dalam aliran darah. Pembengkakan ini disebut juga dengan thromboplebitis. Biasanya Dokter akan menyarankan untuk meminum obat anti-pembengkakan dan anti-infeksi.

Keselamatan bayi sangat bergantung pada kesehatan ibu, sehingga bagi ibu hamil yang rentan mengalami varises dianjurkan untuk menyikapi beberapa hal diatas. Bila Anda ingin tahu lebih banyak seputar varises, segera berkonsultasi dengan Dokter kandungan Anda.


Baca Juga:

Ini Dia Mereka Yang Beresiko Menderita Varises

Penelitian: Vitamin C Efektif Lindungi Tubuh dari Polusi

Awas, Masturbasi Dapat Merusak Fisik dan Mental Anda!

Jika Wanita Alami Menopause, Pria Alami Andropause

Apa Kata Alkitab Tentang Junk Food

Sumber : Tabloidnova.com | lori
Halaman :
1

Ikuti Kami