Ilmuwan Temukan Tiga Planet Baru Yang Dapat Dihuni

Ilmuwan Temukan Tiga Planet Baru Yang Dapat Dihuni

Lori Official Writer
3230

Para ilmuwan berhasil menemukan tiga planet baru yang mengitari sebuah bintang yang disebut dengan trio dunia. Bintang itu dinamakan Gliese 667C dengan tiga planet ini sebagai super-Bumi. Ketiga planet ini memiliki temperatur yang disinyalir menghasilkan cairan.

Bintang Gliese 667C terletak 22 tahun cahaya dari Bumi dan dapat disaksikan di langit konstelasi Scorpius (Kalajengking). Tiga planet yang dimilikinya dapat mengorbit dan ditemukan tanda-tanda kehidupan yang lebih baik dibandingkan dengan Bumi.

Untuk mengetahui lebih pasti kondisi yang ada di planet tersebut, sebuah tim pimpinan astronom Guillem Anglada-Escude dari Universitas Hertfordshire, Inggris sedang mengkaji ulang kondisi yang sebenarnya.

Mikko Tuomi, anggota tim astronom menyampaikan kepada bbc.co.uk bahwa “Planet ini memiliki massa berkisar antara 2,7 hingga 3,8 kali lebih besar dari Bumi.”

Planet ini juga dinyatakan memiliki periode orbit sekitar 28,39, dan 62 hari yang berarti mengelilingi bintang lebih dekat dari permukaan Merkuri pada sistem tata surya Bumi.

Selain itu, peneliti menegaskan bahwa ketiga planet baru ini dapat dijadikan sebagai tempat tinggal karena memiliki atmosfir walaupun masih tetap meneliti apakah mengandung cadangan air yang besar.

Akhir-akhir ini, dengan kecanggihan teknologi para ilmuwan dapat meneliti luar angkasa dan menemukan planet-planet baru selain planet yang pernah kita kenal. Semoga penelitian ini bermanfaat untuk ilmu pengetahuan manusia.

 

Baca juga:

NASA Temukan Asteroid Besar Bergerak Dekati Bumi

NASA Pilih 4 Astronot Wanita Baru

Guru Pertama dari Antariksa : Wang Yaping

Cinta Membara: Seorang Suami Setia di China Tempuh 4000 mil Demi Istrinya yang Sakit Jiwa

Kecewa Dengan Tuhan?

Sumber : bbc.co.uk | Jawaban.com
Halaman :
1

Ikuti Kami