Tips Memilih Sekolah yang Tepat Untuk Anak Autis
Sumber: eartshare.org

Parenting / 27 June 2013

Kalangan Sendiri

Tips Memilih Sekolah yang Tepat Untuk Anak Autis

andreas rumata simanjuntak Official Writer
5095

Mencari sekolah yang tepat untuk anak autis bisa dibilang susah-susah gampang. Pemerintah sebelumnya telah menginstruksikan beberapa sekolah untuk membuat kelas khusus yang menggabungkan anak-anak berkebutuhan tertentu agar dapat mengikuti pelajaran bersama teman-temannya yang sebaya. Namun masalah muncul, yakni beberapa sekolah penyelenggara pendidikan khusus ini ternyata kurang siap dan memaksakan diri untuk tetap menggelar kelas khusus tersebut.

 

Nah kalau begitu, bagaimana memilih sekolah yang benar-benar cocok untuk anak istimewa Anda? Berikut tips-tipsnya :

1. Ketika hendak mencari sekolah yang tepat, mintalah rekomendasi dari beberapa orangtua yang juga memilik anak autis.

 2. Jika telah memiliki daftar sekolah yang dianggap baik, kunjungilah sekolah itu bersama anak Anda. Adapun tujuannya adalah agar Anda bisa meliha respon sang anak ketika berada di sekolah dan mengetahui kurikulum kebijakan mengenai anak berkebutuhan khusus. Selain itu juga, dengan mendatangi sekolah yang hendak dimasuki anak Anda, Anda bisa memperkirakan risiko bulliying di lingkungan pendidikan itu.

3. Pilihlah sekolah yang memiliki ‘try out’ untuk anak sebelum masuk. Pihak sekolah yang memiliki sistem ini akan meminta anak untuk dievaluasi. Jika anak tersebut dinilai mampu, maka anak diperbolehkan mengikuti kelas.
 

4. Biasanya, ada sekolah-sekolah yang menyediakan guru pembantu atau shadow teacher. Shadow teacher ini bertugas khusus mendampingi anak autis untuk membantu proses belajarnya. Misalnya, untuk membuka halaman-halaman buku yang diinstruksikan guru. Biasanya, shadow teacher ini dibutuhkan saat anak-anak masih duduk di kelas 1-2 SD. Seiring perkembangan proses belajar shadow teacher ini biasanya tak dibutuhkan lagi.

Anak adalah anugerah yang diberikan Tuhan bagi pasangan suami isteri. Oleh sebab itu, kita perlu memberikan hal-hal yang terbaik bagi si buah hati, termasuk dalam bidang pendidikan. Menyekolahkan anak di tempat yang tepat bagi putera-puteri kita bukan hanya akan menyemangati mereka mengenyam pendidikan, tapi juga mengembangkan pola pikir dan potensi yang mereka miliki sehingga nanti pada saat berada di masyarakat, mereka bisa memberikan kontribusi positif pada lingkungan sekitarnya.

 

Baca Juga :

Orangtua Jangan Lakukan Ini Pada Anak Autis

6 Kiat Jitu Hadapi Kenaikan Harga BBM

Tips Hemat di Tempat Kerja

Magang Pada Masa Liburan Siapkan Anda Menuju Dunia Kerja

Sumber : health.detik.com / andre
Halaman :
1

Ikuti Kami