KPK Geledah Gedung Rektorat Universitas Indonesia
Sumber: tempo.co

Nasional / 27 June 2013

Kalangan Sendiri

KPK Geledah Gedung Rektorat Universitas Indonesia

Budhi Marpaung Official Writer
3669

Sebagai bukti keseriusan mengungkap kasus korupsi proyek pembangunan dan instalasi Perpustakaan Pusat Universitas Indonesia tahun anggaran 2010-2011, hari ini (Kamis, 27/6), Komisi Pemberantasan Korupsi melakukan penggeledahan di Gedung Rektorat UI di Depok, Jawa Barat.   

"Penggeledahan itu adalah hal yang wajar dan menurut saya untuk mendapatkan dokumen-dokumen yang bisa mengungkap tabir lebih jauh terhadap perkara yang sudah diselidiki termasuk di dalamnya. Misalnya hari ini kita lakukan penggeledahan di UI itu adalah tujuannya untuk bisa mengungkap lebih jauh dari kasus UI ini," ucap Ketua KPK Abraham Samad di Gedung DPR, Senayan, Jakarta.

Dikatakan Abraham, proses hukum yang sedang berjalan kini tidak akan berhenti pada satu tersangka yakni wakil rektor UI berinisial TN. "Jadi kita tidak akan berhenti pada tersangka-tersangka yang baru ditetapkan dan kita akan mengembangkan terus agar kasus-kasus ini bisa terungkap secara jelas," jelasnya.

Terungkapnya kasus korupsi di UI sendiri berawal dari aksi sejumlah pengajar dan guru besar UI yang mendatangi kantor KPK. Di hadapan para penegak hukum bidang Korupsi itu, kelompok pendidik yang menamakan diri SAVE UI ini melaporkan dugaan korupsi di kampus mereka.

Beberapa hal yang dipermasalahkan Save UI diantaranya: proyek boulevard yang serba tertutup dan tidak diaudit oleh KAP Kanaka. Kecurigaan muncul karena proyek telah mengubah masterplan pembangunan RS Pendidikan UI dan gedung Fakultas Ilmu Kesehatan. Rektor juga diduga menerima sejumlah gratifikasi seperti tiket dan atau akomodasi perjalanan.

Khusus untuk pembangunan gedung perpustakaan pusat, yang diaudit ternyata hanya dana DIPA/APBN-P sebesar Rp 121,8 miliar. Lebih dari Rp 50 miliar dana swasta tidak diaudit oleh akuntan publik. Saat diinvestigasi oleh ICW, pihak UI versi Save UI tidak dapat menjelaskan semua proyek dengan rinci.

Semangat membersihkan kampus dari tindak kejahatan korupsi perlu didukung oleh setiap insan pendidikan dan masyarakat. Berharap dengan bersih-bersih ini maka dunia ajar-mengajar kita menjadi dunia yang mencerahkan dan menghasilkan generasi yang berintegritas sekaligus cerdas.    

 

Baca juga :

Kasus Mahasiswi UI Loncat Jadikan Sopir Angkot Tersangka

Semifinal Piala Konfederasi 2013 : Prediksi Brazil vs Uruguay  

Andy Taylor, Sukses Karena Belajar Dari Sang Ayah

The Rescue, Album Sidney Mohede yang Layak Go International

Riwayat Hidup Yesus Kristus

Cerewet Bukan Tanda Sayang ! 

Thread Forum JC : Apa sie rahasia awet muda ?

Tips Merawat Kulit yang Rentan Terhadap Alergi dan Sensitif

Sumber : okezone.com, jambiekspress / budhianto marpaung
Halaman :
1

Ikuti Kami