Kubu Oposisi Mesir Siap Jatuhkan Presiden Morsi
Sumber: Guardian

Nasional / 25 June 2013

Kalangan Sendiri

Kubu Oposisi Mesir Siap Jatuhkan Presiden Morsi

daniel.tanamal Official Writer
3830

Rencana kubu oposisi menggelar unjuk rasa besar-besaran untuk menjatuhkan Presiden Mesir Mohamed Morsi pada 30 Juni nanti membuat situasi di Kota Kairo dan kota besar lainnya mulai terasa tegang. Kubu oposisi kini mulai mendirikan tenda di Alun-alun Tahrir dan di depan gedung Kementerian Pertahanan di distrik Abbasiah, sebagai tanda dimulainya unjuk rasa.

Para aktivis bertekad tidak meninggalkan tenda sebelum Mursi jatuh. Kubu oposisi sendiri telah mengumpulkan 15 juta tanda tangan di seantero Mesir yang meminta Mursi mundur, dan masih terus mengumpulkan tanda tangan tambahan.

Pengumpulan 15 juta tanda tangan itu, dinilai oposisi cukup sebagai legitimasi untuk menjatuhkan Morsi, mengingat Morsi dalam pemilihan presiden pada Juni 2012 hanya mendapatkan 13 juta suara, kurang dari 15 juta tanda tangan yang meminta Mursi mundur. Mereka menuntut segera digelar pemilu presiden dini. Oposisi mengakomodir aspirasi warga Mesir yang kecewa karena tidak ada perbaikan kondisi ekonomi dan keamanan selama satu tahun pemerintahan Morsi.

Sementara itu, kubu yang mendukung Morsi sendiri telah menggelar unjuk rasa besar-besaran untuk mendukung Mursi di bundaran Rabaah Adawiyah, Nasr City, Kairo, Jumat lalu. Rencananya mereka akan menggelar unjuk rasa besar-besaran pada 28 Juni nanti. Pergerakan massa besar-besaran antara kubu pro dan kontra Morsi inilah yang dikhawatirkan akan memicu konflik horizontal.

Melihat fakta ini, Morsi diberitakan segera mengadakan pertemuan mendadak dengan Menteri Pertahanan Abdel Fattah Sisi hingga Minggu (23/6) malam, yang kemungkinan membahas kemungkinan militer menjadi mediator antara pemerintah dan kubu oposisi.

Konflik kepentingan antar kelompok hanya menghasilkan perpecahan yang tidak kunjung usai dan warga masyarakatlah yang selalu dikorbankan. Dibutuhkan adanya rekonsiliasi diantara pemimpin yang kemudian mempertanggungjawabkannya kebawah, dimana pendukung mereka berada.

Baca Juga Artikel Lain:

PGI : DPR Tidak Akomodir Rakyat

Pengesahan RUU Ormas Rawan Motif Tersembunyi

Tsunami Himalaya Tewaskan 5000 Jiwa di India

WHO: Ancaman Kekerasan Pada Perempuan Meningkat

Inggris Cabut Sumpah Setia Pramuka Kepada Tuhan

 

 

Sumber : Kompas.com
Halaman :
1

Ikuti Kami