Waspadai 7 Area Pemicu Alergi Ini di Rumah Anda!
Sumber: eblandar.com

Serba-Serbi Sehat / 25 June 2013

Kalangan Sendiri

Waspadai 7 Area Pemicu Alergi Ini di Rumah Anda!

Puji Astuti Official Writer
6131

Alergi menjadi masalah umum dalam kehidupan, bahkan Anda bisa mengalaminya di rumah sendiri. Penyebab alergi bisa banyak hal, mulai dari debu, makanan, hingga bulu hewan peliharaan. Berikut adalah sepuluh area yang dapat menjadi pemicu alergi di rumah Anda.

Taman

Kita mulai dari area terluar di rumah Anda, yaitu taman atau halaman depan yang biasanya di hiasi dengan berbagai tanaman. Ada banyak penyebab alergi disini, mulai dari alergi kulit hingga pernafasan, contohnya serbuk sari bunga. Memang tidak terlalu banyak orang yang alergi serbuk sari bunga, namun hal itu patut diwaspadai. Selain itu juga ada hewan-hewan kecil seperti kumbang, nyamuk atau bahkan ulat bulu yang bisa membuat kulit menjadi iritasi dan gatal.

Tempat hewan peliharaan berkeliaran

Apakah Anda memiliki hewan peliharaan seperti anjing atau kucing? Bulu-bulu mereka dapat membuat alergi bagi yang sensitif. Untuk itu pastikan ruangan selalu bersih dan juga hewan peliharaan itu harus memiliki ruang khusus serta sering dimandikan sehingga tidak mengganggu kesehatan penghuni rumah.

Karpet dan permadani

Karpet dan permadani adalah tempat bersembunyinya debu dan bakteri, hal itu menjadikan dua benda ini menjadi pemicu alergi yang sering dialami banyak orang. Untuk mengatasinya, gunakan penghisap debu menggunakan filter khusus, atau pertimbangkan untuk tidak usah menggunakan karpet ataupun permadani.

Buku

Buku adalah sumber inspirasi, namun jika tidak tertangani dengan baik akan menjadi sumber makanan bagi serangga. Debu yang menumpuk pada buku akan menjadi tempat bagi jamur dan serangga seperti rayap buku atau tungau. Untuk itu disarankan menyimpan buku pada tempat tertutup.

Furnitur

Kursi dan meja akan menjadi tempat nyaman bagi tungau, terlebih di sela-sela lipatan kain atau lapisan kulit pada kursi yang berdebu. Selain itu permukaan furnitur yang terbuat dari kulit atau vinil dapat menimbulkan alergi kulit bagi yang sensitif terhadap bahan-bahan tertentu.

Seprai atau alas tidur

Tempat tidur adalah tempat ternyaman bagi setiap orang, sekitar 8 jam sehari dihabiskan di atas tempat tidur, namun apa jadinya jika malah merasakan gatal-gatal. Untuk itu saat membeli seprai pastikan bahannya Anda tidak alergi, seperti yang 100% katun. Selain itu bersihkan tempat tidur secara rutin dengan penghisap debu dan gantilah seprai dan sarung bantal seminggu sekali.

Pendingin ruangan

Pendingin ruangan atau AC (air conditioner) dapat menjadi masalah ketika penyaring udaranya kotor dan berdebu, sebab bukannya membuat sehat, tetapi malah akan menyebarkan bakteri, debu dan juga jamur ke seluruh ruangan. Untuk itu bersihkan pendingin ruangan Anda secara rutin demi kesehatan kulit, dan juga pernafasan Anda sekeluarga.

Baca juga artikel lainnya :

Kulit Sensitif Ternyata Lebih Mudah Terkena Alergi

Terobsesi dengan Bersih, Juga Tidak Baik

Mengapa Ada Alergi?

Mengalami Percepatan dan Terobosan

Emergency Team,Tolong Doakan Operasi Kedua Anak Saya!

Sumber : dhakatribune.com
Halaman :
1

Ikuti Kami