Batu Pilar Perjanjian Lama, Mazmur Daud Ditemukan di Betlehem
Sumber: foxnews.com

Internasional / 24 June 2013

Kalangan Sendiri

Batu Pilar Perjanjian Lama, Mazmur Daud Ditemukan di Betlehem

Lori Official Writer
6189

Sebuah pilar ditemukan di dekat Betlehem yang diduga sebagai kitab Mazmur Raja Daud atau Kitab Salomo.

Seorang pemandu wisata Israel, Binyamin Tropper yang pertama kali menemukan artefak bersejarah itu, sangat terkejut ketika tahu bahwa pemerintah sudah terlebih dulu menemukan pilar bersejarah ini dan merahasiakannya sejak lama.

“Ketika saya tahu bahwa pilar ini sangat bernilai, saya menceritakannya kepada bos saya dan segera memberitahukannya kepada pemerintah yang khusus menangani barang antik (IAA: Israel Antiquities Authority).” ungkapnya seperti yang dilansir foxnews.com.

Tropper yang bekerja di Sekolah Pendidikan Lapangan di Kibbutz Kfar Etzion berkata, “IAA kemudian mengatakan kepada bos saya untuk tutup mulut.”

Menurut ahli arkeologi usia pilar itu berkisar 2800 tahun  dan dapat dijadikan sebagai bukti sejarah hubungan antara Israel-Yahudi maupun Israel-Arab.

.“Pilar ini memiliki berat sekitar lima ton, jadi kamu tidak akan dapat memindahkannya. Sehingga akan tetap berada di sini,” katanya.

Pada 20-30 tahun belakangan ini, Israel memperdebatkan kerajaan Raja Daud seperti yang tertulis dalam alkitab dan menghubungkannya pada pilar yang tetap utuh ini dari waktu ke waktu. Namun dilain pihak, pilar ini diklaim sebagai candi pertama yang dibangun sebagai bentuk penghormatan kepada Raja Salomo seperti yang dituliskan di perjanjian lama. Juga peribadatan orang Yahudi yang dikatakan telah di musnahkan oleh Raja Babilonia, Nebukadnezar II pada 578 SM.

“Saya rasa orang Arab yang dekat lokasi pilar ini juga sudah menemukannya, namun mereka tidak menyadari betapa pentingnya batu pilar itu,” ujar Tropper.

“Terdapat sumber mata air disana bila kita menggalinya dan orang Arab tentunya akan mendapatkan air dan kita mendapatkan uang,” jelasnya.

Penemuan pilar ini masih tetap menjadi kontroversi. Ia berharap agar IAA menyadari betapa berharganya pilar itu sebagai bukti sejarah yang harus digali lebih dalam.


Baca Juga:

Jepang Buat Alkitab Khusus Untuk Tuna Rungu

Bakar Alkitab, Pengkhotbah Mesir ini Bersumpah Akan Tetap Serang Gereja

Kristen Koptik Diancam Batalkan Protes Menentang Morsi di Mesir

Peringati 1 Abad Injil Masuk Toraja, Warga Adakan Pawai Obor

Ada Apa Dengan Anak Dan Remaja Di Usia 4-14 Tahun?

Sumber : foxnews.com | Jawaban.com
Halaman :
1

Ikuti Kami