Masalah Kabut Asap, Menko Kesra Sebut Singapura Kekanak-kanakan
Sumber: ROSLAN RAHMAN / AFP

Nasional / 21 June 2013

Kalangan Sendiri

Masalah Kabut Asap, Menko Kesra Sebut Singapura Kekanak-kanakan

Puji Astuti Official Writer
5027

Masalah kebakaran hutang yang menimbulkan kabut asap yang telah mencapai negara tetangga Singapura dan Malaysia sudah mulai menuai kecaman. Walau demikian pemerintah Indonesia tidak terima dengan kecaman yang lontarkan oleh Singapura.

"Singapura jangan seperti anak-anak, dalam kegelisahan seperti ini," demikian pernyataan Menteri Koordinator Kesejahteraan Rakyat Agung Laksono yang dikutip Straits Times, Kamis (20/6).

Menko Kesra beralasan bahwa banyak warga negara Indonesia yang perlu diurus, lagi pula menurutnya Indonesia pun tidak menginginkan bencana seperti ini terjadi. Ia juga menyesalkan sikap Singapura yang mengeluh hanya karena masalah asap yang hanya sesekali terjadi.

Saat ini lahan perkebunan seluas 850 ha di wilayah Sumatra mengalami kebakaran, akibatnya kabut tebal bukan hanya menutupi Sumatera namun juga sampai di Singapura dan Malaysia. Asap tebal tersebut sudah mengganggu kesehatan penduduk, sehingga saat ini warga Singapura sudah harus menggunakan masker saat beraktifitas. Itulah sebabnya pemerintah Singapura mengkritik pemerintah Indonesia yang dinilai lamban menangani masalah kebakaran hutan yang hampir tiap tahun terjadi.  

Walau demikian pemerintah Singapura menawarkan bantuan untuk mengatasi masalah asap ini, sehingga bisa dapat terselesaikan secepatnya. Namun tawaran yang disampaikan oleh Andrew Tan dari Badan Lingkungan Nasional Singapura (NEA) tersebut ditolak oleh pemerintah Indonesia yang diwakili oleh Menko Kesra Agung Laksono.

Baca juga artikel lainnya :

Hati-hati, Keluargamu Diincar Si Jahat!

Membuktikan Janji Pernikahan, Mencintai Saat Sakit Maupun Sehat

Mengungkap 6 Mitos Tentang Tidur

Ada Apa Dengan Anak Dan Remaja Di Usia 4-14 Tahun?

Sumber : Kompas.com | Tempo.co | Puji Astuti
Halaman :
1

Ikuti Kami