Tahun 2045 Ada Robot Gantikan Tubuh Manusia
Sumber: viva.co.id

Nasional / 19 June 2013

Kalangan Sendiri

Tahun 2045 Ada Robot Gantikan Tubuh Manusia

Lois Official Writer
4061

Dmitry Itskov yang merupakan seorang jutawan besar Rusia ingin memanfaatkan robot yang nantinya bisa menggantikan tubuhnya yang sakit, seperti dirilis Sydney Morning Herald, Senin (17/6). Itskov menginginkan apa yang dialami dalam tubuh manusia dapat ditransfer ke tubuh robot.

Dia yakin bisa meraih ambisinya itu. Tahapan pertama akan berlangsung pada 2020 mendatang. Pada tahun itu, ditargetkan robot sudah dapat dikendalikan dengan otak manusia dari jarak jauh. Lima tahun kemudian, katanya, diharapkan terjadi peningkatan signifikan yaitu mentransplantasi otak manusia ke dalam tubuh robot tersebut. Dengan kemampuan ini, robot nantinya dapat menggantikan tubuh manusia yang sedang sakit ataupun menua.

Tahun 2035 diharapkan terobosan itu dapat memindahkan pikiran manusia ke dalam komputer. Pada 2045, teknologi bisa membuat otak buatan yang dapat mengendalikan tubuh khayal, tubuh hologram.

Ahli ilmu saraf yang diundang Itskov pada Konferensi Global Future 2045 di Lincoln Center, New York mengaku pesimis. Meski demikian, peneliti robotic Jepang, Hiroshi Ishiguro, mampu memamerkan kemampuan robot hidup yang mempresentasikan ambisi Itskov itu. Meski belum bisa menyamai ambisi Itskov, setidaknya robot itu dapat menggerakkan bibir, mengangguk, dan menggerakkan mata saat Ishiguro mengeluarkan suara dari mulutnya, padahal dia berada di tempat tersembunyi.

Untuk merealisasikan idenya itu, Itskov telah menghabiskan sekitar US$3 juta atau sekitar Rp 29,7 milyar. Ke depannya, dia ingin memulai sebuah proyek yang melibatkan pemerintah dan PBB, untuk digarap bersama. Entah apakah ambisi milyuner Rusia ini dapat terwujud dan konsekuensi yang mengikutinya. Apakah ini manusia yang ingin jadi Tuhan ataukah memang perkembangan teknologi yang sudah begitu pesat, setiap orang tentu punya ukuran yang berbeda.

 

Baca juga :

Diperkirakan 20 Tahun Lagi Robot Pembunuh Tercipta

Perusahaan Kecil Berhasil Buat Robot yang Punya Selera Humor

Ga Perlu Oven, Ini Resep Roti Goreng Tape Cokelat

Perbedaan Orang Kaya dan Orang Miskin

Anak Sering Bertengkar? Ini Solusinya

Do and Don't Untuk Jerawat

Memberi Bagi Bangsa, Bisa Lewat Media Lho

Sumber : viva.co.id by lois horiyanti/jawaban.com
Halaman :
1

Ikuti Kami