149 Gereja di Mesir Tunda Izin Bangunan
Sumber: gkobekasi1.blogspot.com

Internasional / 15 June 2013

Kalangan Sendiri

149 Gereja di Mesir Tunda Izin Bangunan

Lori Official Writer
5275

Sejak lima tahun yang lalu, gereja Koptic meminta izin bangunan gereja di kota Nubaria, Mesir bagian Utara. Namun izin itu baru disetujui pada Jumat (7/6) lalu. Gereja Koptic merupakan salah satu gereja yang sudah di beri izin bangunan sedangkan 149 gereja lainnya masih belum jelas izinnya.

Pengabulan izin itu diduga menyiratkan unsur politik sehingga tidak terlalu menghebohkan. Hanya Makari Habib, Sekretaris Paus Tawadros II, pemimpin gereja Ortodoks Coptic di Mesir saja yang menyampaikan rasa terima kasihnya kepada Presiden Muhammad Morsi atas hal itu.

“Para jemaat Koptic tidak terlalu bergembira dengan perizinan Morsi atas ST Peter dan ST Paul karena mereka tahu bahwa itu hanya siasat politik yang berbau toleransi beragama,”Ujar Smia Sidhom, Management Editor majalah Watani di Mesir.

Sidhom menandaskan, “Kristen Koptic meminta hak yang sama seperti Muslim yang sangat bebas membangun rumah ibadat di Mesir.”

Sulitnya pemberian izin ini diyakini karena rumitnya proses administrasi yang harus ditulis dalam bentuk permohonan tertulis dan menunggu hasil persetujuannya hingga bertahun-tahun. Membawa perkara ini ke ranah hukum pun hasilnya akan tetap sia-sia.  

Pada Sabtu, 8 Juni 2013, Agent Berita Internasional Asiria (AINA) melaporkan bahwa sejumlah tokoh gereja akan mengadakan protes menentang kepemimpinan Morsi yang akan diadakan pada 30 Juni mendatang dengan menamakan dirinya Organisasi Anti-Morsi.

Sebelumnya, Mantan Presiden Husni Mubarak memberi izin hanya untuk proses renovasi gedung saja, tidak untuk membangun gereja yang baru.

Banyaknya persoalan perizinan gereja masa ini menjadi dilema bagi umat kristiani yang semakin dipersempit ruang gerak pertumbuhannya. Mari berdoa untuk gereja-gereja di dunia agar diberi tempat dan izin membangun ibadah bagi umat kristen.


Baca Juga:

Ibadah Gereja Dilempari Bom, Tujuh Luka Berat

Gereja di Inggris Sedang Cari Pemain Organ

Konferensi Waligereja Indonesia Imbau Umat Katolik Revitalisasi Ekologi

Pemimpin Gereja Ajak Untuk Perangi Kelaparan Global

Sumber : christianitytoday.com | lori
Halaman :
1

Ikuti Kami