Bocorkan Rencana NSA, Snowden Dilarang Terbang ke Inggris

Nasional / 14 June 2013

Kalangan Sendiri

Bocorkan Rencana NSA, Snowden Dilarang Terbang ke Inggris

Yenny Kartika Official Writer
3568

Edward Snowden, mantan anggota badan intelijen AS CIA, yang telah membocorkan rencana rahasia pengintaian di AS, dilarang terbang ke Inggris.

Seperti yang dilansir Associated Press (AP), laporan dari sebuah bandara di Thailand menyatakan bahwa Edward Snowden (29) tidak boleh mengambil penerbangan apapun. Pada laporan ini dikabarkan tercantum kop surat Departemen Dalam Negeri Inggris dan tertulis bahwa Snowden sangat mungkin ditolak masuk ke Inggris. Maskapai penerbangan yang mengijinkan Snowden terbang akan dikenakan denda 2.000 poundsterling.

Maskapai-maskapai penerbangan yang telah menerima pemberitahuan ini antara lain Bangkok Airways, Singapore Airlines, dan Malaysia Airlines. Sejauh ini belum ada kabar mengenai rencana Snowden untuk bepergian ke Inggris.

Sebelumnya, Guardian melansir pemberitaan bahwa Snowden telah membocorkan program National Security Agency (NSA) yang menghimpun data internet dan telepon warga AS. Tindakannya memicu berbagai perdebatan di AS, dimana sebagian menyebut Snowden sebagai pahlawan dan sebagian lagi menganggap dia sebagai pengkhianat.

Apakah larangan ini termasuk upaya membatasi pergerakan Snowden yang dianggap membahayakan AS dan sekutunya, atau simbol pelunturan hak warga negara? Kita tunggu Snowden dan pemerintah AS dan Inggris menyampaikan kelanjutan kisah ini.

 

BACA JUGA:
Data Sambungan Ponsel Dicatat NSA, Warga AS Terancam Kehilangan Privasi 

Benny, Petinju Profesional yang Jadi Jagoan Jalanan

Hal-hal Menarik tentang Kejuaraan Indonesia Open

Sumber : BBC | yk
Halaman :
1

Ikuti Kami