Konferensi Waligereja Indonesia Imbau Umat Katolik Revitalisasi Ekologi

Internasional / 13 June 2013

Konferensi Waligereja Indonesia Imbau Umat Katolik Revitalisasi Ekologi

andreas rumata simanjuntak Official Writer
3942

Dalam upaya merevitalisasi ekologi, Konferensi Waligereja Indonesia (KWI) menggelar seminar lingkungan hidup yang bertajuk Revitalisasi Budaya Pro Ekologi untuk Kesejahteraan Bersama di Gedung KWI, Jakarta, Rabu (12/6).

Ketua Komisi Keadilan Perdamaian dan Pastoral Migran Perantau KWI, Mgr Agustinus Agus mengatakan, masalah lingkungan hidup sangat luas, oleh karenanya Nota Pastoral harus menjadi dasar bagi umat Katolik di mana pun berada.

"Umat Katolik harus bisa berbuat sesuatu. Nota Pastoral pun harus bisa dibuat dalam tindakan nyata," katanya di sela-sela seminar. Nota Pastoral KWI 2013 berjudul ‘Keterlibatan Gereja Dalam Melestarikan Keutuhan Ciptaan.’ 

Melalui pemilihan judul tersebut, gereja ini mengajak seluruh umat Katolik untuk memberi perhatian, meningkatkan kepedulian, tindakan partisipatif dalam menjaga, memperbaiki dan melindungi keutuhan ciptaan Tuhan dari berbagai macam kerusakan.

Dalam seminar ini hadir pula Ketua Umum Asosiasi Pengusaha Indonesia Sofyan Wanandi. Sofyan memandang untuk memperbaiki lingkungan, setiap orang harus mulai melakukan apa pun yang bisa dibuat.

Salah satu panggilan umat Tuhan adalah menjadi terang bagi dunia. Untuk menjadi teladan lakukanlah tindakan nyata dalam pelestarian alam. Mulailah dari hal yang kecil, seperti membuang sampah pada tempatnya, mengurangi penggunaan pestisida dan banyak hal lain untuk memperbaiki lingkungan sekitar kita.


Baca Juga :

Gereja di Srilanka Luncurkan Radio Katolik

Ibadah Gereja Dilempari Bom, Tujuh Luka Berat

Gedung GKPI Cipinang Muara Disegel Pemerintah DKI Jakarta

Sumber : suarapembaharuan.com / andre
Halaman :
1

Ikuti Kami