Inilah 2 Kantor Perwakilan RI yang Pernah Diserang WNI
Sumber: bisnis-kti.com

Nasional / 10 June 2013

Kalangan Sendiri

Inilah 2 Kantor Perwakilan RI yang Pernah Diserang WNI

andreas rumata simanjuntak Official Writer
5734

Kurangnya perhatian pemerintah terhadap nasib warga negara Indonesia (WNI) di luar negeri ternyata sudah menjadi masalah klasik. Selain kerusuhan di Jeddah pada pada Minggu (9/6) lalu, Kedutaan Besar Republik Indonesia (KBRI) maupun Konsulat Jenderal Republik Indonesia (KJRI) sudah beberapa kali menjadi sasaran kemarahan WNI. Berikut adalah KBRI dan KJRI yang pernah diserang WNI.

KJRI Hongkong (2009)

Menjelang pemilu 2009, Buruh Migran Indonesia (BMI) di Hongkong  melakukan aksi long march ke KJRI menuntut dicabutnya UU No. 39/2004 tentang Penempatan dan Perlindungan Tenaga Kerja Indonesia di Luar Negeri. Menurut UU No. 39/2004 ini, peraturan hak dan kewajiban TKI sepenuhnya akan diserahkan kepada pihak swasta melalui Perusahaan Jasa Tenaga Kerja Indonesia (PJTKI). “Jika sepenuhnya diserahkan ke PJTKI, mereka akan semena-mena dan kebal hukum,” kata seorang aktifis pada demonstrasi tersebut pada Minggu (5/4/2009).

KBRI Arab (2010)

Tidak kurang dari 250 tenaga kerja Indonesia (TKI) melakukan aksi demonstrasi ke Kedutaan Besar Republik Indonesia (KBRI) di Arab Saudi pada Sabtu (21/10/2010). Mereka berunjuk rasa karena kurang mendapat perhatian saat dianiaya oleh majikan mereka di Arab Saudi. "Kami tidak mengerti, kenapa KBRI tidak bertanggung jawab, kami selalu dilempar-lempar," ujar perempuan yang mengaku bekerja sebagai pembantu rumah tangga.

Warga negara Indonesia tentunya memiliki alasan dalam melakukan penyerangan ke kantor konsulat maupun kedutaan Indonesia di beberapa negara. Jika mau ditelusuri, hal ini sebenarnya dilatarbelakangi ketidakpuasan WNI terhadap kurang berfungsinya peran perwakilan pemerintah setempat. Padahal, sebagai representasi dari Pemerintahan di Indonesia, tugas KJRI maupun KBRI adalah menjamin terpenuhinya hak-hak WNI di luar negeri. 

 

Baca Juga :

Konsulat Jenderal Jeddah Rusuh, 1 Orang TKI Tewas

Seruan Balas Dendam Untuk Penganiayaan Kristen Nigeria

Boko Haram Tembaki Gereja Nigeria, 6 Tewas

Sumber : berbagai sumber / andre
Halaman :
1

Ikuti Kami