Sosialisasi Harga Baru BBM, Dari TV Sampai Komik

Sosialisasi Harga Baru BBM, Dari TV Sampai Komik

Lois Official Writer
3381

Sosialisasi penyesuaian harga BBM ini dinilai sangat penting dan strategis dalam upaya menyampaikan informasi yang benar untuk mencegah membengkaknya subsidi BBM yang tidak adil dan salah sasaran. Untuk itu, ada beberapa upaya yang dilakukan baik oleh pemerintah maupun Pertamina. Berikut ini beberapa langkah sosialisasi yang ditempuh, yaitu :

Pemasangan Iklan di TV

Direktur Utama PT. Pertamina Karen Agustiawan mengungkapkan ada sejumlah langkah sudah dipersiapkan untuk sosialisasi kenaikan harga BBM ini. Selain pemasangan spanduk di sejumlah titik terutama di SPBU-SPBU, Pertamina juga melakukan sosialisasi melalui televisi. “Ya seperti yang sudah, spanduk-spanduk kami pasang, terus nanti ada TVC yang sudah kita muat di beberapa media, booklet seperti itu saja,” ujarnya.

Kantor Wakil Presiden Terbitkan Tiga Buku

Buku-buku dengan tema “Bersama-sama Selamatkan Uang Rakyat” ini diterbitkan agar masyarakat memahami langkah yang dilakukan pemerintah. “Tiga buku yang diterbitkan itu disampaikan dengan bahasa sederhana agar masyarakat mudah memahami,” ujar Juru Bicara Wapres, Yopie Hidayat. Tiga buku yang dapat diperoleh secara gratis ini ada dalam bentuk edisi Tanya Jawab, Edisi Buku Saku, dan Komik.

Edisi Tanya Jawab

Terdiri dari 30 halaman dengan 16 pertanyaan dan jawaban yang dilengkapi beberapa gambar karikatur berwarna.

Edisi Buku Saku

Terdiri dari 32 halaman yang antara lain menceritakan saat Indonesia selamat dari krisis, juga mengenai terjadinya defisit neraca perdagangan sehingga ada tindakan yang harus dilakukan, juga dilengkapi dengan sejumlah karikatur berwarna. “Untuk yang edisi Buku Saku sengaja diterbitkan untuk masyarakat tingkat menengah atas,” ujar Yopie.

Edisi Komik

Terdiri dari 34 halaman yang berisi karikatur berwana dengan komunikasi yang disampaikan tokoh komik dalam bentuk menarik.

Melalui Sosial Media

Menkominfo Tifatul Sembiring ditunjuk Presiden Susilo Bambang Yudhoyono (SBY) sebagai sekretaris sosialisasi rencana kenaikan harga BBM. Meskipun sikap partainya, PKS, berbeda dengan keputusan pemerintah, sebagai menteri dia akan komitmen mendukung kenaikan ini. Untuk itu, dia terus mensosialisasikan kenaikan tersebut melalui akun twitternya maupun program lain. “Saya ini sudah punya 600 ribu followers, dua kali oplah koran nasional,” ujarnya sambil tertawa.

Saat ini pemerintah harus menganggarkan subsidi Rp 317 triliun yang sebagian besar untuk subsidi BBM. Bila dibiarkan, jumlah subsidi ini akan bengkak menjadi Rp 446,8 triliun, padahal menurut Menteri Energi Jero Wacik, 77 persen dari anggaran itu dinikmati oleh orang kaya. Tentunya ini sudah tidak sehat. Untuk itulah sosialisasi perlu dilakukan agar semua masyarakat mengerti dan mendukung.

 

Baca juga :

Sebutan Khusus Ruhut Untuk PKS Terkait Kenaikan BBM

Demokrat Gerah dengan Spanduk Penolakan Kenaikan BBM PKS

Resep Sponge Cake Tape yang Lezat dan Cepat Dibuat

Mari Jadi Perpanjangan Tangan Tuhan Lewat Media

Orangtua, Filter Anak Untuk Tidak Seks Bebas

Kanker Serviks dan Bersihnya Daerah Kewanitaan 

Ciri Orang Percaya yang Dikasihi Tuhan dan Ditakuti Setan 

Sumber : merdeka.com-viva.co.id by lois horiyanti/jawaban.com

Ikuti Kami