Laga Indonesia vs Belanda : Petarungan Antar Pemain Blasteran
Sumber: soccer.mu

Nasional / 4 June 2013

Kalangan Sendiri

Laga Indonesia vs Belanda : Petarungan Antar Pemain Blasteran

andreas rumata simanjuntak Official Writer
4604

Laga Indonesia versus Belanda Jumat (7/6) mendatang diperkirakan akan menjadi laga yang unik karena akan mempertemukan pemain-pemain yang memiliki ‘darah campuran’ Indonesia-Belanda.

Dalam sepuluh tahun terakhir, sedikitnya ada  sepuluh orang pemain Belanda yang merupakan blasteran Indonesia. Pemain-pemain tersebut diantaranya adalah Giovanni Van Bronckhorst, John Heitinga, Mark Van Bommel, Nigel De Jong, Robin Van Persie, Demy De Zeeuw, Denny Landzaat, Roy Makaay, Wilfred Bouma dan Ezra Walian.

Namun, dari kesepuluh pemain tersebut, hanya dua orang yang dikabarkan akan mengikuti pertandingan uji coba melawan Indonesia.

Uniknya, tim Garuda juga bakal menurunkan dua orang pemain keturunan Indonesia-Belanda, diantaranya adalan Sergio van Dijk dan Raphael Maitimo.

 

Tima nasional Belanda

1. John Heitinga

Salah satu pemain yang mengakui dirinya punya hubungan darah dengan Indonesia adalah John Heitinga. Bek Everton ini pernah berujar, "Ayah saya benar berasal dari Indonesia. Dan lahir di Jakarta." Heitinga mengaku memiliki enam saudara laki-laki. Empat lahir di Jakarta dan dua di Belanda. Hubungan bek Belanda ber-caps 85 ini dengan Indonesia ternyata berawal dari kakeknya, Gijsbert Johannes Heitinga, yang berasal dari Belitung.

2. Robin Van Persie

Jika Heitinga secara terang-terangan mengaku punya hubungan dari Indonesia, tidak dengan Persie. RvP hanya diketahui mendapatkan darah Indonesia dari neneknya. Yang merupakan orang asli Surabaya, Jawa Timur.

 

Tim nasional Indonesia

1. Sergio van Dijk

Sergio van Dijk, seorang pemain naturalisasi dari Belanda memiliki darah asli orang Indonesia yang berasal dari ibunya. Ibunda van Dijk merupakan orang asli Bandung, Jawa Barat. Lahir di kota Assen Belanda, van Dijk kecil sempat tinggal di Lembang, Jawa Barat dan kemudian melanjutkan hidupnya di Belanda.


2. Raphael Guillermo Eduardo Maitimo

Selain van Dijk, Raphael Maitimo merupakan pemain Tim Garuda kelahiran Rotterdam, Belanda. Maitimo mengaku ayahnya lahir di Bukit Tinggi, Sumatera Barat dan itulah salah satu alasannya mau membela tim nasional Indonesia.

Siapakah dari keempat pemain ini yang mampu bersinar pada laga Jumat mendatang? Kita lihat saja.

 

 

Baca Juga :

Jelang Indonesia vs Belanda: Tim Oranje Bakal Kunjungi Kota Tua

Ditentang Banyak Pihak, DPR Putuskan Kurikulum 2013 Tetap Jalan

Pastor Minta Paus Francis Tingkatkan Jumlah Imam Pengusir Setan

 

 

 


Sumber : berbagai sumber / andre
Halaman :
1

Ikuti Kami