Sea Games 2013 : Menpora Nilai Pemotongan Dana Sea Games Tak Realistis

Nasional / 30 May 2013

Kalangan Sendiri

Sea Games 2013 : Menpora Nilai Pemotongan Dana Sea Games Tak Realistis

daniel.tanamal Official Writer
3366

Agar dana SEA Games tidak dipotong oleh Menteri Keuangan, Menteri Pemuda dan Olahraga Roy Suryo sampai meminta dukungan Komisi X Dewan Perwakilan Rakyat (DPR) yang membidangi olahraga untuk menghentikan pemotongan itu.

Menurut Roy, pemotongan menggunakan skema berdasarkan usulan Kementerian Keuangan itu akan mengganggu target pencapaian dan prioritas nasional Kemenpora. "Pemotongan 3,6 persen dari total anggaran itu menurut kami tidak realistis," ujarnya saat meminta dukungan pada rapat kerja dengan Komisi X DPR di Jakarta, Rabu, (29/5).

Kementerian Keuangan memang sebelumnya mengusulkan pemotongan 3,6 anggaran Kemenpora. Satu dari program itu adalah dana bantuan Program Indonesia Emas (Prima) untuk meningkatkan prestasi Indonesia pada kejuaraan multicabang olahraga SEA Games ke-27 di Myanmar, 11-22 Desember.

Usulan pemotongan anggaran itu merupakan tindak lanjut dari Instruksi Presiden Nomor 7 Tahun 2013 tentang Langkah-langkah Penghematan dan Pengendalian Belanja Kementerian Negara/Lembaga pada 20 Mei lalu. Menpora sendiri mengusulkan skema lain pemotongan anggarannya. Ada tiga poin yang menurut dia tidak boleh dipotong, yaitu biaya pendidikan, operasional rutin, dan prioritas nasional.

Menanggapi hal itu, hampir semua anggota Dewan mendukung usulan Menteri Roy. Bahkan, beberapa anggota Dewan meminta agar anggaran tidak dipotong sama sekali. "Jangan sampai krisis fiskal yang dialami diatasi dengan pemotongan anggaran. Kami akan mencoba berbicara dengan Badan Anggaran DPR supaya mencari jalan lain mengatasi krisis fiskal." kata Zulfadli dari Fraksi Partai Golkar.




 

Sumber : Tempo.co
Halaman :
1

Ikuti Kami