Puluhan Ribu Warga Paris Tolak Pernikahan Sesama Jenis

Nasional / 27 May 2013

Kalangan Sendiri

Puluhan Ribu Warga Paris Tolak Pernikahan Sesama Jenis

daniel.tanamal Official Writer
3659

Kebijakan terbaru di Prancis yang melegalkan pernikahan sesama jenis mendapat tentangan keras dari banyak masyarakatnya. Hal itu terakumulasi ketika puluhan ribu orang melakukan aksi unjuk rasa di Paris menentang kebijakan baru tersebut.

Diperkirakan ada sekitar 150.000 orang berpartisipasi dalam aksi di pusat kota itu, meskipun koordinator aksi mengatakan jumlahnya dapat mencapai satu juta orang. Aksi yang berlangsung Minggu (26/5/), berakhir dengan bentrokan antara aktivis sayap kanan dengan polisi anti huru-hara.

Seperti dilaporkan bahwa sebelumnya RUU pernikahan sesama jenis, yang juga melegalkan pasangan gay mengadopsi anak, ditandatangani menjadi undang-undang oleh Presiden Francois Hollande pekan lalu. RUU ini sempat memicu perdebatan sengit yang terjadi selama berbulan-bulan di parlemen.

Kebijakan ini sendiri menimbulkan dampak yang beragam ditengah masyarakat. Selain perbedaan pendapat yang dikhawatirkan melonjak memanas, seorang sejarawan sayap kanan diketahui bunuh diri di Notre Dame dengan meninggalkan pesan anti-pernikahan sesama jenis. Selain itu hampir 100 orang ditangkap atas aksi yang berujung kericuhan, sementara 50 orang ditahan karena memblokir Champ-Elysees.

 

Baca Juga Artikel Lain

Ribuan Siswa Tak Lulus UN di Sumater Utara

Ruhut Nilai Jokowi Hancur dan Tak Pantas Jadi Presiden

Gereja Dibakar, Pendeta Ampuni dan Layani Pelaku

Grup Metal Slayer Minta Publik Abaikan Gereja Baptis Westboro

Umat Kristen Dihimbau Tinggalkan Eksklusivitas

 


Sumber : BBC | Kompas.com
Halaman :
1

Ikuti Kami