Peduli Terhadap Pemakaian Gadget Oleh Anak

Psikologi / 25 May 2013

Kalangan Sendiri

Peduli Terhadap Pemakaian Gadget Oleh Anak

daniel.tanamal Official Writer
4805

Psikolog Tika Bisono mengingatkan paraorang tua untuk lebih memperhatikan anak dan remaja dalam menggunakan gadget agar tidak disalahgunakan. Menurutnya, fenomena penyalahgunaan smartphone tidak lepas dari kurang pahamnya remaja terhadap fungsi gadget.

Selain itu, banyak juga orangtua memberikan smartpnone ke anak tanpa diimbangi pengawasan. Tika mengajak semua kalangan dari para orangtua, guru, murid, remaja, bahkan dari pemerintah untuk lebih melek teknologi dan bijak dalam menggunakan smartphone.

Berikut ini beberapa hal yang perlu diperhatikan jika Anda memperkenankan anak dan remaja Anda untuk menggunakan gadget.

  • Berikan gadget yang sesuai dengan kebutuhan dan usia anak. Jika Anda hanya ingin sekadar berkomunikasi dengan anak, sebaiknya tidak perlu memberikan gadget yang terlalu banyak fitur.
  • Tidak membiarkan anak-anak menggunakan gadget di kamarnya tanpa pegawasan orangtua.
  • Jika perlu, berikan batasan waktu dalam menggunakan gadget.
  • Selain batasi waktu, batasi juga penggunaan pulsa. Sebaiknya hindari penggunaan layanan pascabayar untuk gadget anak. Akan lebih bijak, jika Anda menggunakan pulsa isi ulang.
  • Untuk remaja, beri pengertian akan etika dan tanggung jawabnya dalam menggunakan kamera dan koneksi online pada gadget. Dalam arti, pikiran secara matang jika ingin mem-posting segala sesuatu di Internet, baik status di Facebook, Twitter, juga YouTube.
  • Orangtua harus lebih perhatian dengan sifat keingintahuan rermaja yang sangat besar, termasuk hobi anak. Arahkan anak untuk bisa memanfaatkan gadget untuk mendukung hobinya.
  • Orangtua perlu melek teknologi agar tidak ketinggalan "pintar" dengan anaknya.
  • Gunakan aplikasi parental control pada gadget.

Seharusnya penggunaan gadget dapat membawa penggunanya ke arah yang positif, berfungsi dalam  kegiatan belajar maupun pekerjaan. Ada baiknya para guru memanfaatkan teknologi yang ada di gadget untuk menunjang kegiatan belajar dan mengajar, seperti membuat group chatt sebagai komunikasi antara guru dan murid, atau memanfaatkan aplikasi edukasi yang berhubungan dengan mata pelajaran.  

 

Sumber : chip.co.id
Halaman :
1

Ikuti Kami