Jadikan Ide Bernilai Tinggi dengan 3 Langkah Ini
Sumber: ideaapps2cash.com

Entrepreneurship / 24 May 2013

Kalangan Sendiri

Jadikan Ide Bernilai Tinggi dengan 3 Langkah Ini

Yenny Kartika Official Writer
4212

Sebuah ide yang brilian, harganya mahal. Nilainya seringkali unlimited alias tidak terbatas. Kalaupun terpaksa harus muncul sebuah angka nominal tertentu untuk harga sebuah ide, lebih karena kepentingan praktis karena transaksi atas itu harus berlangsung. Pada hakikatnya, ide sendiri, susah diukur nilainya. Ia bergerak, memberi pengaruh terhadap banyak hal, dan menciptakan situasi-situasi baru.

Percakapan di antara para pengusaha seringkali berpusat pada nilai dari sebuah ide. Banyak pengusaha yang yakin bahwa sebuah ide cemerlang secara langsung akan menghasilkan perusahaan yang jenius dan menghasilkan laba. Para pengusaha ini biasanya mengidolakan perusahan-perusahaan raksasa seperti Apple atau eBay, sejumlah nama yang “dalam satu malam” dianggap sukses mengubah ide-ide besar menjadi sumber daya bagi perusahaan.

Hanya sedikit pengusaha yang ingat bahwa ide itu sendiri sebetulnya bukanlah sesuatu yang berharga. Ide bukanlah apa-apa kecuali, itu adalah sesuatu yang tidak bisa ditiru oleh siapapun.

Pengusaha yang cerdik akan menyadari fakta tersebut, dan kemudian mereka dengan segera memperlengkapi ide dengan manajemen cerdas, pelanggan berbayar, dan mitra-mitra strategis, sehingga terciptalah nilai.

 

#1 Manajemen cerdas akan menghasilkan eksekusi yang lebih baik

Ada pepatah kuno yang mengatakan, ide yang buruk bertemu dengan tim manajemen yang baik setidaknya memiliki kesempatan untuk bisa dipertahankan, sementara ide yang baik bertemu dengan tim manajemen yang buruk akan hancur seluruhnya.

Mengapa? Karena nilai sejati dari sebuah ide tidak terdapat pada ide itu sendiri, melainkan pada eksekusi ide tersebut. Ada banyak perusahaan yang meniru ide lelang online yang dilakukan eBay. Tapi, dapatkah Anda mengingat perusahaan mana saja itu? Tidak mudah. Itu karena tim manajemen eBay mengeksekusi ide mereka pada tingkat yang lebih tinggi dibandingkan dengan kompetitor lain yang punya ide serupa.

Ide Anda tidak berguna kecuali ada tim manajemen yang solid untuk mengolahnya. Investor menyadari hal ini—dan itulah sebabnya mengapa tim manajemen yang kuat merupakan salah satu pilar utama dalam pencarian dana.

#2 Pelanggan berbayar akan mengesahkan ide Anda

Ide tetaplah ide sampai Anda menemukan pelanggan yang mau membayar untuk itu. Barulah ide tersebut bisa berubah menjadi bisnis.

Untuk menuju ke tahapan “bisnis”, Anda memerlukan pengesahan (validasi) ide dari pelanggan. Caranya bisa bermacam-macam, mulai dari membuka percakapan dengan pelanggan yang potensial sampai menyiapkan pesanan pembelian sebelum melakukan pengiriman.

Siapa pun dapat meremehkan ide yang sederhana, tapi tidak ada yang dapat meremehkan pelanggan berbayar. Semakin banyak pelanggan yang Anda temukan, semakin besar nilai yang Anda tambahkan pada ide.

 

#3 Mitra strategis akan memberikan umpan-balik yang berguna

Mitra-mitra strategis adalah investor, anggota dewan penasihat, dan mitra-mitra industri penting lainnya. Beberapa investor dapat menyediakan modal yang dibutuhkan untuk menumbuhkan perusahaan, namun hanya ada segelintir investor yang benar-benar dapat memberikan nilai strategis bagi ide Anda. Dengan kata lain, investor tersebut akan berusaha agar tidak terjadi kesalahan dalam bisnis Anda.

Mitra yang paling ideal adalah mitra yang sebelumnya pernah terjun atau berinvestasi dalam sebuah perusahaan yang mirip dengan perusahaan Anda. Pengalaman tersebut akan mengajarkan investor untuk menentukan input dan output bagi industri Anda, serta memberi masukan untuk pelanggan, manager, dan akuisisi perusahaan yang potensial.

Jika mitra-mitra yang potensial telah mengetahui bahwa Anda memiliki tim yang solid dan permintaan yang baik dari pelanggan, maka akan lebih mudah bagi mereka untuk memutuskan berinvestasi di perusahaan Anda.

 

Kesimpulan

Kenyataannya, ide hanyalah sebuah fondasi bagi perusahaan Anda. Kunci untuk membangun strukturnya adalah manajemen, pelanggan, dan mitra-mitra strategis.

Semakin Anda mengembangkan tiap elemen ini, industri Anda akan semakin terbentuk dan menguat. Yang lebih penting lagi, orang-orang mulai enggan berdebat mengenai kemampuan ide Anda. Mereka akan lebih tertarik dengan nilai yang telah Anda ciptakan dalan perusahaan.

 

BACA JUGA:

Ide, Investasi Miliaran Dolar yang Tak Terlihat

Fotografi, dari Hobi Hingga Binis

Stock Photography, Secercah Peluang Bisnis bagi Penyuka Motret

Kekristenan di Inggris Raya Terancam Jadi Minoritas

Sumber : FUNDABLE | YK
Halaman :
1

Ikuti Kami