Ahok Pertanyakan Pemanggilan Jokowi Oleh Komnas HAM

Nasional / 16 May 2013

Kalangan Sendiri

Ahok Pertanyakan Pemanggilan Jokowi Oleh Komnas HAM

daniel.tanamal Official Writer
4222

Terkait pemanggilan Gubernur DKI Jakarta Joko Widodo oleh Komnas HAM untuk berdiskusi dengan warga bantaran Waduk Pluit, Wakil Gubernur DKI Jakarta Basuki Tjahaja Purnama atau yang akrab disapa Ahok justru mempertanyakan hal itu.

Karena menurutnya banyak oknum yang mengaku sebagai warga dan memiliki banyak kepentingan terselubung dalam menduduki lahan negara tersebut. "Makanya jangan bilang pakai gaya dia panggil-panggil. Lagipula percuma, warga yang mana yang diajak diskusi," katanya, di Balaikota Jakarta, Rabu (15/5).

Ahok juga menjelaskan kalau saat jajarannya  mengevakuasi ribuan korban banjir ke tempat yang lebih aman, saat banjir besar menerjang Jakarta beberapa waktu lalu, mereka dihadang oleh sekelompok orang yang terus memarahi warga yang ingin tinggal di rumah susun (rusun).

"Sampai kita mesti main kucing-kucingan untuk menyiapkan bus buat mereka yang mau ikut pindah. Karena waktu pendaftaran rusun, mereka dimaki-maki. Apa itu enggak melanggar HAM? Jadi, kalau warga membangun rumah di tanah negara tanpa izin, dibongkar dan minta ganti rugi, ini negara mau jadi apa? Suruh Komnas HAM jawab pertanyaan saya dulu,"  tegasnya.

Jokowi sendiri diagendakan menghadiri pemanggilan pembahasan rencana penggusuran warga bantaran Waduk Pluit, pada pukul 14.00 WIB, di kantor Komnas HAM, Jakarta Pusat. Seperti diketahui, banjir di wilayah itu diakibatkan oleh penyempitan waduk yang semula seluas 80 hektare menyusut jadi 60 hektare akibat banyaknya permukiman warga di tepiannya.

Pemprov DKI Jakarta pu akhirnya berinisiatif untuk membangun rumah susun di Marunda dan Muara Baru, Jakarta Utara. Namun, tak semua warga Waduk Pluit bersedia pindah ke rumah susun tersebut. Salah satunya adalah oknum tak dikenal yang dinilai bermain dalam hal ini.

 

Baca Juga Artikel Lainnya:

Jacob, Nama Anak Terpopuler di Amerika Serikat

Warga Yunani Tuntut Kerugian Invasi Nazi

Komsel Unik Bernama "Beer And The Bible"

Sebuah Gereja Diteror Tanda 666 dan Swastika

Mau Panjang Umur? Ikuti Kebiasaan Ini!

Legenda NBA Siap Bebaskan Tahanan Korut Asal AS

 

 


 


Sumber : Kompas.com
Halaman :
1

Ikuti Kami