5 Langkah Mencegah Diri Terkena Penyakit Lupus
Sumber: info-kesehatan.net

Solusi Sehat / 15 May 2013

Kalangan Sendiri

5 Langkah Mencegah Diri Terkena Penyakit Lupus

Budhi Marpaung Official Writer
39236

Lupus, sebuah penyakit mematikan setara kanker yang dalam beberapa tahun belakangan jumlah penderitanya terus meningkat di dunia. Hingga detik ini, medis belum bisa menemukan obat untuk mengatasinya.

Sekilas mengenai penyakit lupus. Secara etimologi, lupus berasal dari bahasa Latin yang berarti “anjing hutan”. Istilah ini mulai dikenal sekitar satu abad lalu.

Mengapa muncul istilah penyakit “lupus”? Sebab penderita penyakit lupus pada umumnya memiliki bercak merah berbentuk kupu-kupu (butterfly rash) di pipi yang mirip dengan yang ada di pipi serigala, tetapi berwarna putih. Bercak merah berbentuk kupu-kupu adalah salah satu tanda penyakit lupus ini. Itu sebabnya lambang penyakit lupus adalah kupu-kupu.

Penyakit lupus adalah penyakit auto imun yang menyerang sistem kekebalan tubuh secara berlebihan, sehingga mengganggu kesehatan tubuh. Penyakit lupus terjadi ketika antibodi menyerang sel sehat dalam tubuh itu sendiri.

Lalu apakah ada cara menangkal sakit lupus ke diri kita ? Ada. Berikut 5 langkah pencegahannya:

1.    Hindari stres dan terapkan pola hidup sehat

2.    Kurangi kontak langsung berlebihan dengan sinar matahari

3.    Stop / berhenti merokok

4.    Berolah-raga teratur

5.    Lakukan diet nutrisi

Jika diantara Anda atau keluarga Anda justru sudah menjadi odapus (nama lain untuk seorang penderita penyakit lupus, red) jangan buru-buru panik. Pastikan secara berkala memeriksakaan diri ke dokter spesialis rheumatology

Dengan berobat secara teratur sesuai saran dokter (yang biasanya diminum seumur hidup), maka odapus dapat hidup selayaknya orang normal.

Satu informasi penting lagi : penyakit lupus tidak lah menular, jadi jangan kuatir bila harus berhubungan dengan penderita penyakit lupus. Justru, Anda harus beri dukungan pada mereka sehingga mereka tidak menjadi stres dan bisa terus semangat hidup.


Baca juga :

Gizi dan Nutrisi Yang Diperlukan Penderita Lupus

Inilah Artikel-Artikel Menarik Lainnya Terkait Celebration of Unity

Forum JC : Dokumentasi Kopdar Photo Hunting Mei 2013

Forum JC : Jadilah "Provokator" Komentar yang Positif & Inspiratif ! (Lomba)

3 Ciri Anda Lagi Diperbudak Pacar Anda

Sumber : doktersehat.com, info-kesehatan.net / bm
Halaman :
1

Ikuti Kami