Ketua Umum PGI: Tolak Institusionalisme Di Dalam Gereja

Internasional / 11 May 2013

Kalangan Sendiri

Ketua Umum PGI: Tolak Institusionalisme Di Dalam Gereja

Puji Astuti Official Writer
4042

Ketua Umum PGI Pdt. DR. A.A. Yewangoe mengajak setiap umat Tuhan untuk menolak institusionalisme di dalam gereja. Hal ini diungkapkannya saat menghadiri rapat kepanitiaan acara Celebration Of Unity di gedung LPMI, Jalan Penataran 10, Jakarta Pusat, beberapa waktu lalu.

Yewangoe mengungkapkan bahwa Forum Umat Kristiani Indonesia (FUKRI) telah melakukan deklarasi bersama menyatakan gereja yang satu pada tanggal 7 Oktober 2011 di Manado. Deklarasi ini diikuti oleh seluruh aliran gereja, mulai dari ortodoks sampai karismatik.

“Yang ditekankan (pada saat itu) adalah kekayaan bersama, apa makna Kristus bagi Anda melalui tradisi Anda itu. Dan kita tidak bicara mengenai institusi (yang) bikin pusing. Institusionalisme itu yang kita tolak, yang menekankan institusi itu seolah-olah menjadi tujuan di dalam gereja. Kalau dia (institusi) menjadi alat, boleh saja. Tapi kita di Indonesia cenderung menjadikan institusi sebagai tujuan,” ungkap Yewangoe.

“Kita harapkan hal ini akan menjadi suatu hal yang belum pernah terjadi bahwa gereja yang bukan anggota Dewan Gereja Sedunia juga ikut serta di dalam celebration ini,” tambah Yewangoe.

Lebih lanjut Yewangoe mengungkapkan bahwa Celebration Of Unity ini merupakan perayaan bagi seluruh umat Kristen dalam rangka menyambut Sidang Raya Dewan Gereja Sedunia (World Council of Churches / WCC) di Busan, Korea Selatan, pada 31 Oktober – 8 November 2013 mendatang yang bertemakan Gold Of Life Lead Us To Justice And Peace.

Di tahun 1975, Indonesia seharusnya menjadi tuan rumah Sidang Raya Dewan Gereja Sedunia. Namun hubungan lintas agama yang kurang harmonis di masa itu membuat sidang raya dipindahkan ke Nairobi, Kenya. Setelah sebelumnya WCC pernah diadakan di New Delhi tahun 1963, maka ini adalah kali kedua WCC diadakan di Asia. Sehingga penyelenggaraan Celebration Of Unity kali ini menjadi sebuah momentum emas bagi pergerakan kesatuan tubuh Kristus di Indonesia.

Baca juga artikel lainnya :

Song of Unity, Album Rohani Lagu Lama dengan Cita Rasa Baru

Berbagai Berita Tentang COU

Apa Gunanya Kenaikan Yesus Bagi Kita?

Keuntungan Saat Roh Kudus Tercurah

Saat Tangisan Digunakan Anak Sebagai Alat

Kandungan Wanita Ini Selamat Setelah Jatuh Ke Sungai

Sumber : Lestari E.P. ? Celebration Of Unity
Halaman :
1

Ikuti Kami