Keluarga Tinggal di Kandang Kambing, Anggota DPR Menangis

Nasional / 8 May 2013

Kalangan Sendiri

Keluarga Tinggal di Kandang Kambing, Anggota DPR Menangis

daniel.tanamal Official Writer
5913

Air mata seorang anggota Komisi X DPR RI, Reni Marlinawati menetes ketika menyaksikan secara langsung sebuah keluarga miskin yang telah setahun tinggal di kandang kambing. Sebuah kondisi kontras yang bertolak belakang dengan program bedah rumah yang sedang digalakkan pemerintah.

Keluarga yang dihuni Eni (60) beserta dua anaknya, Bibih (36), Ai (33) dan suaminya, Aep (36) beserta ketiga anaknya itu tinggal di Kampung Darmaga Hilir, Desa Nagrak Utara, Kecamatan Nagrak, Kabupaten Sukabumi, Jawa Barat. "Sedihnya jika hujan malam hari, kami tidak bisa tidur karena bocor," lirih Eni seperti dirilis radarsukabumi.com, (6/5).

Keluarga yang tinggal di kandang kandang sumpek nan pengap berukuran 4x3 meter persegi itu terpaksa bermukim di tempat itu akibat rumah mereka roboh. Merekapun akhirnya menggunakan kandang kepunyaan tetangga mereka itu untuk dijadikan tempat tinggal.

Kondisi ekonomi keluarga inipun begitu menyedihkan. Penghasilan Aef yang Rp15 ribu per hari sebagai tukang cuci kendaraan hanya cukup untuk memenuhi kebutuhan sehari-hari. "Keinginan untuk memiliki rumah sudah ada, tapi biayanya tidak ada. Anak saya hanya bekerja buruh tani dan serabutan," timpal Ai.

Melihat kondisi ini Reni pun memberikan bantuan bahan makanan dan uang kepada keluarga tersebut seraya mengupayakan pembangunan rumah yang dikordinasikan dengan dinas sosial Kabupaten Sukabumi dan pihak yang terkait dengan persoalan RLTH. "Penanganan persolan seperti ini perlu kerjasama semua pihak. Saya nanti akan mendorong program pengentasan RLTH ini. Sebab pemerintah mempunyai program pengentasan atau penanggulangan masalah kesejahteraan," ujar Reni.

Masih banyak kondisi masyarakat Indonesia yang belum terjamah oleh bantuan dan kesejahteraan hidup. Dibutuhkan lebih banyak lagi wakil rakyat yang mau peduli terhadap kemiskinan yang dihadapi oleh rakyat.

Sumber : radarsukabumi.com | Okezone
Halaman :
1

Ikuti Kami