Inilah 3 Pihak yang Dicurigai Dalang Bom Boston

Nasional / 3 May 2013

Kalangan Sendiri

Inilah 3 Pihak yang Dicurigai Dalang Bom Boston

daniel.tanamal Official Writer
2740

Penyelidikan mengenai Bom Marathon Boston Amerika Serikat terus berlanjut. Selain menangkap dua terduga utama pelaku pemboman dan juga 3 terduga lainnya, kini melalui pakar terorisme, pihak keamanan setempat bisa mempersempit siapa pihak atau pelaku yang menjadi dalang serangan mematikan itu.

Menurut pakar terorisme dari Centre for the Study of Radicalisation, JM Berger, ada tiga pihak yang berkaitan dengan peristiwa bom itu. Mereka adalah kelompok teroris internasional, organisasi domestik, atau seorang psikopat.

Namun Berger cukup yakin, bom yang meledak di Boston adalah menjadi ulah kelompok teroris dalam negeri. Kecurigaannya berdasarkan waktu dan tempat ledakan yang menunjukan bahwa pelaku mencoba menarik perhatian media. "Ini bisa dikatakan sebagai ulah teroris dalam negeri," ujarnya dilansir ABC, Selasa (16/4).

Sambil menyebut insiden di Waco pada 1993, ketika para ekstrimis AS dikepung oleh aparat keamanan, Berger menambahkan, serangan itu tidak akan mengandung motif politik bila memang benar bahwa pelaku adalah seorang psikopat. "Meskipun demikian, ini adalah Hari Patriot, yang dipandang sebagai hari bersejarah. Ini juga merupakan Hari Pajak dan ada kejadian teror yang berkaitan dengan hari-hari itu," imbuhnya.

Sejauh ini, Biro Investigasi Federal (FBI) dan beberapa badan keamanan AS lainnya masih memburu bukti-bukti dan juga pelaku bom itu. Seorang akademisi AS pun berpendapat, upaya pencarian fakta dalam insiden ini adalah tugas yang sangat sulit.

 


Sumber : Okezone
Halaman :
1

Ikuti Kami