Selandia Baru Larang 77 Nama Untuk Bayi

Nasional / 1 May 2013

Kalangan Sendiri

Selandia Baru Larang 77 Nama Untuk Bayi

daniel.tanamal Official Writer
3792

Perkembangan zaman seringkali tidak berbanding lurus dengan pemikiran beberapa pribadi untuk tetap serius pada beberapa hal vital yang berpengaruh terhadap kehidupan. Salah satunya adalah pemberian nama kepada bayi yang hingga saat ini “keterlaluan kreatif”.

Fakta itu terjadi di Selandia Baru dimana ditemukan puluhan nama bayi yang tidak lazim, bahkan dianggap terlalu ofensif. Pemerintah setempat yang gerah atas hal itu segera memberlakukan kebijakan terbaru dengan melarang 77 nama yang dianggap tidak berkenan dan mengada-ada.

Beberapa nama yang dilarang Departemen Dalam Negeri Selandia Baru itu antara lain adalah Lucifer, Mafia No Fear, Queen Victoria,4Real, V8, dan Anal. Dilaporkan bahwa ada yang sampai merencanakan untuk memberikan nama bayinya "." atau tanda titik juga pemberian tambahan angka di belakang nama bayi mereka.

Selain itu pemerintah juga melarang warganya memberi nama yang mengandung gelar atau jabatan, misalnya "King", "Duke", dan "Princess". Bahkan, nama-nama ini sudah dilarang sejak 2001. Selain itu ada nama lain yang kerap ditolak adalah "Justice" yang pernah ditolak sebanyak 62 kali.

Satu kasus pernah terjadi pada 2008, dimana,pengadilan keluarga Selandia Baru memerintahkan penggantian nama seorang bocah perempuan berusia sembilan tahun. Orangtua anak itu memberinya nama "Talula Does The Hula From Hawaii". Pengadilan menilai nama itu harus diganti karena memalukan dan mengolok-olok anak itu.

Hakim Rob Murfitt yang saat itu menjabat mengkritik para orangtua yang memberikan nama aneh untuk anak mereka, seperti "Number 16 Bus Shelter", "Midnight Cardonnay", serta anak kembar bernama "Benson" dan "Hedges" (nama merek rokok).

Memang memberi nama adalah kebebasan seseorang dalam berekspresi dan berkreatifitas. Namun satu hal yang harus diingat adalah sebuah nama harus kita imani menjadi sebuah harapan dan doa kita bagi bayi atau anak yang kita kasihi. Kita tentu tidak ingin efek buruk melingkupi sang anak hanya karena bawaan nama yang punya arti tidak berkenan.

 

Baca Juga Artikel Lain

Tehnik Medis Israel Bantu Perawat Korban Bom Boston

Jesus Of The People, Refleksi Seni Yesus Kulit Hitam

Pendeta Berusia 105 Tahun Belum Ingin Pensiun

Yesus Hipster Digunakan untuk Rangkul Anak Muda

 

Sumber : Telegraph | Kompas.com
Halaman :
1

Ikuti Kami