Tehnik Medis Israel Bantu Perawat Korban Bom Boston

Nasional / 28 April 2013

Kalangan Sendiri

Tehnik Medis Israel Bantu Perawat Korban Bom Boston

daniel.tanamal Official Writer
3725

Tenaga medis yang tepat dan cepat adalah salah satu instrumen vital yang begitu berharga dalam menyelamatkan seseorang yang sedang dalam situasi kritis dan perlu pengobatan seketika. Hal inilah yang dialami para perawat korban bom Boston yang terbantu atas teknik medis dari Israel.

Dilansir Okezone, delapan tahun yang lalu, empat orang dokter dan staf perawat asal Israel menghabiskan dua hari di Rumah Sakit Umum Massachusetts. Mereka memberikan pelatihan medis bagi staf rumah sakit dan mengajari mereka teknik perawatan ala Israel.

Seperti diketahui, dokter-dokter di Israel umumnya handal dalam membina kondisi psikis warganya. Hal itu disebabkan karena mereka sangat berpengalaman merawat korban yang terkena serangan kelompok bersenjata. Karena hal itulah, seluruh korban bom Boston yang sudah mencapai rumah sakit (saat terluka) berhasil diselamatkan.

Tidak ada korban luka yang akhirnya tewas di rumah sakit itu. Untuk itu para dokter yang telah mendapat pengalaman berharga mengenai teknik medis Israel begitu mensyukuri ilmu tersebut. "Setiap pekan, kami selalu diserang. Ini menjadi rutinitas kami," ujar salah seorang dokter Israel yang sempat berkunjung ke Massachusetts, Dror Soffer, seperti dikutip Times of Israel, Rabu (24/4/).

Teknik yang digunakan dokter Boston untuk menyelamatkan korban bom itu merupakan teknik yang dilakukan dokter Israel secara rutin di rumah sakit. Mereka pun memiliki metode khusus untuk merawat korban yang mengalami pendarahan dengan melakukan endoskopi.

Diberitakan bahwa,pasien-pasien korban bom Boston itu masih terasa terpukul. Beberapa dari mereka sering menjerit-jerit di rumah sakit karena mengingat peristiwa berdarah itu. Terkadang, dokter di rumah sakit juga ikut ketakutan menyaksikan tingkah korban.

 

 

Sumber : Okezone
Halaman :
1

Ikuti Kami