Mengapa Semua Kontestan Miss Korea 2013 Mirip?

Nasional / 28 April 2013

Kalangan Sendiri

Mengapa Semua Kontestan Miss Korea 2013 Mirip?

Yenny Kartika Official Writer
9849

Ketika foto-foto calon ratu kecantikan Miss Korea 2013 diunggah di internet, kontroversi merebak. Sejumlah pihak menduga bahwa operasi plastik-lah yang menyebabkan wajah para kontestan tampak mirip satu sama lain.

Foto ke-20 peserta ajang Miss Korea 2013 mulanya diunggah di sebuah blog Jepang, yang diikuti dengan komentar bahwa muka mereka mirip satu sama lain. Foto itu mulai memicu debat panas saat dibagikan (share) di Reddit dengan judul “Kekacauan operasi plastik Korea akhirnya terkuak, lewat wajah-wajah yang sama.”

Seperti dilansir Daily Mail (25/4), ShenTheWise, pengguna Reddit yang mengunggah foto itu, menduga para finalis Miss Korea 2013 telah melewati prosedur operasi plastik yang sama.

Pengguna Reddit yang lain, HotBrownie, yang mengaku berasal dari Seoul (ibukota Korea Selatan) mengatakan, “Para wanita ini nyatanya memang terlihat mirip, dan, ya, orang-orang Korea juga berpikir demikian.” Ia menambahkan, “Inilah yang dinamakan ‘wajah plastik Korea’. Di daerah tertentu di Seoul, Anda akan mengira bahwa semua wanita di sana bersaudara karena mereka terlihat sangat mirip akibat menjalani prosedur operasi yang serupa.”

Menurutnya, operasi plastik menghilangkan keunikan dan kekhasan pribadi seseorang. Pada dasarnya wajah asli perempuan Korea cantik tanpa operasi plastik. Namun, menasihati hal itu kepada mereka sama dengan berteriak kepada tembok. “Mereka tidak akan percaya—terlanjur dicuci otak sehingga mereka meniru figur Barat yang superior.”

Forevertraveling, pengguna Reddit lainnya, berkomentar, “Aku tinggal di Korea, dan para wanita yang lebih tua mengeluhkan gadis-gadis yang tidak lagi berwajah Korea akibat operasi plastik. Gadis-gadis di sini mengganggap operasi mata sama dengan berdandan.”

Sejauh ini posting tersebut menerima 3.000 komentar yang memperdebatkan soal manfaat operasi plastik.

 

Kontestan Miss Korea 2013

Menurut New York Times, sebuah survei tahun 2009 menemukan bahwa satu dari lima wanita di Seoul, yang berusia 19 sampai 49 tahun, pernah melakukan operasi plastik pada bagian tubuhnya.

Bukankah rupa dan tubuh manusia diciptakan oleh Tuhan? Kira-kira apa komentar Tuhan saat Ia melihat manusia ‘merombak’ sendiri wajah yang telah Dia bentuk dengan tangan-Nya? Mari kita masing-masing mensyukuri apa yang telah Sang Pencipta karuniakan pada kita.

 

BACA JUGA:

Kecantikan Wanita dan Fenomena Bunuh Diri

Kate Middleton Dicap Sebagai Boneka Plastik

Kecewa Hasil Operasi Plastik, Gadis Thailand Bunuh Diri

Gara-Gara Ingin Cantik, Wanita Ini Malah Meninggal

Julia Roberts Menentang Bedah Plastik Wajah

Perlukah Operasi Plastik ?

Sumber : berbagai sumber | yk
Halaman :
1

Ikuti Kami